Skip to main content

BENARKAH KITA TIDAK BOLEH MENGHAKIMI?

Secara singkat kita akan membahas mengenai topik dimana banyak orang Kristen mengalami kebingungan dan yang telah menjadi batu sandungan utama yang menjadikan mereka terhalang memenuhi tujuan Allah dalam hidup mereka.

Dalam Lukas 6:37, Tuhan berfirman, "Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni." Dari ayat ini, orang percaya maupun yang belum percaya beranggapan bahwa Yesus memerintahkan kita untuk tidak menghakimi orang lain, tapi ini bukan yang Dia sampaikan dan maksudkan.



Dalam Lukas 6:3, kata bahasa Yunani yang diterjemahkan sebagai "menghakimi" adalah krinete. Ini lebih dapat diterjemahkan sebagai "membedakan seperti halnya mengelompok-kelompokkan." Ini sebenarnya dapat dibaca sebagai, "Jangan menilai seseorang secara tidak adil." Tidak menghakimi orang tidak hanya salah dalam penerjemahan, namun juga sekaligus mustahil dilakukan. Ketika orang menuding Anda karena menghakimi, mereka, dalam kenyataannya, menghakimi Anda dengan mengatakan hal tsb. Kita semua menghakimi orang lain, dimana itu diperlukan dalam rangka memiliki berbagai macam hubungan dengan orang lain. Penghakiman tidak selalu bernada negatif, namun saat kita menyampaikan hal-hal yang baik mengenai orang lain, kita menghakimi mereka juga. Kita menghakimi mereka dalam hal yang baik.

Jika diterjemahkan secara literal, tidak disebutkan dimana pun di Alkitab supaya kita tidak menghakimi orang lain. Bahkan di beberapa bagian Alkitab, kita sebenarnya diperintahkan melakukan hal ini. Dan dimana kita diperintahkan oleh Kitab Suci, itu selalu dengan tujuan perbaikan atas kesalahan. Sebagai contoh, Tuhan berkata bahwa ketika ada seorang saudara yang jatuh dalam dosa, kita harus datang pada mereka (lihat Mat. 18:15). Anda tidak mungkin tahu mereka berbuat dosa tanpa menghakimi. Hanya saja, kita tidak diperintahkan untuk datang pada mereka untuk menghukum mereka namun untuk menolong mereka datang dalam pertobatan. Jadi, tujuannya adalah untuk menolong.

Kita harus menjadi peka. Kita diperintahkan untuk mengukur orang lain berdasarkan apa yang ada dalam rohnya dan bukan hanya lahiriah atau penampilannya semata, dimana itupun memerlukan tindakan menilai:

2 Korintus 5:16
Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang juga pun menurut ukuran manusia.

Yang diperintahkan kepada kita adalah tidak menuduh orang lain. bahkan pada saat penghakiman kita akan seseorang itu negatif, kita semestinya mencari jalan untuk memuliakan mereka.

Juga adalah kesalahpahaman untuk berpikir bahwa, dalam pasal yang sama di Lukas tsb, bahwa Tuhan sedang mengatakan untuk tidak melihat selembar di mata orang lain. Ia sebenarnya sedang berkata supaya kita melakukannya, namun tidak dengan cara yang munafik. Yesus berkata untuk mengeluarkan balok dari mata kita sendiri sebelum mencoba menolong orang lain melakukan hal yang sama (lihat Lukas 6:41-42).

Sebagaimana yang dikatakan oleh Tuhan, pohon yang baik (atau orang yang baik) akan mengeluarkan buah yang baik, dan pohon yang buruk (atau orang yang buruk) akan mengeluarkan buah yang buruk (lihat Lukas 6:43), demikianlah tindakan menghakimi secara salah itu dimana itu menyebabkan masalah dan perpecahan melalui penghakiman tersebut ketimbang mengadakan pertolongan dan perbaikan. Saat kita menghakimi dengan benar, kita bisa, dan seharusnya lebih sering, menunjukkan kepada orang-orang kesalahan mereka. Tatkala kita melakukannya demi tujuan memperbaiki dan bukan secara moral merasa lebih baik dari mereka, itu akan menjadi jauh lebih mudah bagi mereka yang kita hakimi untuk melihat penghakiman kita itu benar dan menjadi pertolongan bagi mereka. Kita harus menghakimi tetapi dengan roh yang benar.

Saya membahas tentang ini karena bisa jadi inilah salah satu faktor utama yang membuat gereja tidak menjadi seperti sebagaimana ia dipanggil...
Ini sebagian besar disebabkan karena sangat sedikit yang diajarkan mengenai menghakimi dengan benar. Dikatakan bahwa 12 rasul akan menghakimi 12 suku Israel dalam Kerajaan Allah. Bahkan dikatakan pula bahwa kita tidak hanya akan menghakimi bangsa-bangsa, melainkan juga para malaikat di masa yang akan datang. Masa kini adalah masa pelatihan untuk memerintah bagi mereka yang akan berkuasa dan memerintah bersama Tuhan dalam Kerajaan-Nya, dan ini adalah sesuatu yang harus kita pelajari sekarang ini.

(Disadur & diterjemahkan secara bebas dari "Unrighteous Judgment Word of the Week - Week 43" by Rick Joyner)

Comments

Popular posts from this blog

BERDOA PADA YESUS, MUNGKINKAH DIJAWAB OKNUM LAIN?

Oleh: Peter B, MA Dalam Galatia 1:6-9, rasul Paulus menulis, "Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain , yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus. Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda   dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia." Dengan jelas disampaikan oleh rasul Paulus bahwa ada injil lain yang berbeda dengan yang diajarkannya, suatu injil yang ujung-ujungnya mengacaukan jemaat dan yang memutarbalikkan injil Kristus.  Dalam bagian lain, sang rasul kembali menulis pesan yang hampir sama:  2 Korintus 11:...

HIKMAT DAN KUTIPAN

KEMANAKAH SEHARUSNYA SAYA MEMBERIKAN PERPULUHAN ?

Oleh Tjia Timotius SEKAPUR SIRIH Suatu kali ketika saya sedang melayani ke Balikpapan, seorang usahawan Kristen bertanya kepada saya “Pak, apakah perpuluhan itu harus diberikan kepada gereja lokal tempat saya beribadah?”. Ya mungkin inlah pertanyaan yang ada dalam benak banyak anak-anak Tuhan. “Haruskah perpuluhan diberikan kepada gereja lokal tempat kita berbakti?” Tentu saja jawaban pertayaan di atas bisa bersama tergantung siapa yang menjawabnya. Kebanyakan pendeta gembala sidang di kota pasti dengan senang hati akan menjawab “Ya, harus!” karena mereka berkepentingan dengan penggunaannya, tetapi pendeta desa atau penginjil keliling mungkin mempunyai jawaban yang berbeda “Tidak harus!” karena masing-masing mempunyai sudut pandang dan kepentingan yang berbeda. Seorang usahawan Kristen pernah berkata “perpuluhan adalah ajaran hukum Taurat sedangkan kita saat ini telah dipanggil masuk dalam hukum Kasih Karunia, jadi sudah seharusnya kita pun meninggalkan ajaran perpuluhan!” jadi mana ya...