Skip to main content

BENARKAH KITA TIDAK BOLEH MENGHAKIMI?

Secara singkat kita akan membahas mengenai topik dimana banyak orang Kristen mengalami kebingungan dan yang telah menjadi batu sandungan utama yang menjadikan mereka terhalang memenuhi tujuan Allah dalam hidup mereka.

Dalam Lukas 6:37, Tuhan berfirman, "Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni." Dari ayat ini, orang percaya maupun yang belum percaya beranggapan bahwa Yesus memerintahkan kita untuk tidak menghakimi orang lain, tapi ini bukan yang Dia sampaikan dan maksudkan.



Dalam Lukas 6:3, kata bahasa Yunani yang diterjemahkan sebagai "menghakimi" adalah krinete. Ini lebih dapat diterjemahkan sebagai "membedakan seperti halnya mengelompok-kelompokkan." Ini sebenarnya dapat dibaca sebagai, "Jangan menilai seseorang secara tidak adil." Tidak menghakimi orang tidak hanya salah dalam penerjemahan, namun juga sekaligus mustahil dilakukan. Ketika orang menuding Anda karena menghakimi, mereka, dalam kenyataannya, menghakimi Anda dengan mengatakan hal tsb. Kita semua menghakimi orang lain, dimana itu diperlukan dalam rangka memiliki berbagai macam hubungan dengan orang lain. Penghakiman tidak selalu bernada negatif, namun saat kita menyampaikan hal-hal yang baik mengenai orang lain, kita menghakimi mereka juga. Kita menghakimi mereka dalam hal yang baik.

Jika diterjemahkan secara literal, tidak disebutkan dimana pun di Alkitab supaya kita tidak menghakimi orang lain. Bahkan di beberapa bagian Alkitab, kita sebenarnya diperintahkan melakukan hal ini. Dan dimana kita diperintahkan oleh Kitab Suci, itu selalu dengan tujuan perbaikan atas kesalahan. Sebagai contoh, Tuhan berkata bahwa ketika ada seorang saudara yang jatuh dalam dosa, kita harus datang pada mereka (lihat Mat. 18:15). Anda tidak mungkin tahu mereka berbuat dosa tanpa menghakimi. Hanya saja, kita tidak diperintahkan untuk datang pada mereka untuk menghukum mereka namun untuk menolong mereka datang dalam pertobatan. Jadi, tujuannya adalah untuk menolong.

Kita harus menjadi peka. Kita diperintahkan untuk mengukur orang lain berdasarkan apa yang ada dalam rohnya dan bukan hanya lahiriah atau penampilannya semata, dimana itupun memerlukan tindakan menilai:

2 Korintus 5:16
Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang juga pun menurut ukuran manusia.

Yang diperintahkan kepada kita adalah tidak menuduh orang lain. bahkan pada saat penghakiman kita akan seseorang itu negatif, kita semestinya mencari jalan untuk memuliakan mereka.

Juga adalah kesalahpahaman untuk berpikir bahwa, dalam pasal yang sama di Lukas tsb, bahwa Tuhan sedang mengatakan untuk tidak melihat selembar di mata orang lain. Ia sebenarnya sedang berkata supaya kita melakukannya, namun tidak dengan cara yang munafik. Yesus berkata untuk mengeluarkan balok dari mata kita sendiri sebelum mencoba menolong orang lain melakukan hal yang sama (lihat Lukas 6:41-42).

Sebagaimana yang dikatakan oleh Tuhan, pohon yang baik (atau orang yang baik) akan mengeluarkan buah yang baik, dan pohon yang buruk (atau orang yang buruk) akan mengeluarkan buah yang buruk (lihat Lukas 6:43), demikianlah tindakan menghakimi secara salah itu dimana itu menyebabkan masalah dan perpecahan melalui penghakiman tersebut ketimbang mengadakan pertolongan dan perbaikan. Saat kita menghakimi dengan benar, kita bisa, dan seharusnya lebih sering, menunjukkan kepada orang-orang kesalahan mereka. Tatkala kita melakukannya demi tujuan memperbaiki dan bukan secara moral merasa lebih baik dari mereka, itu akan menjadi jauh lebih mudah bagi mereka yang kita hakimi untuk melihat penghakiman kita itu benar dan menjadi pertolongan bagi mereka. Kita harus menghakimi tetapi dengan roh yang benar.

Saya membahas tentang ini karena bisa jadi inilah salah satu faktor utama yang membuat gereja tidak menjadi seperti sebagaimana ia dipanggil...
Ini sebagian besar disebabkan karena sangat sedikit yang diajarkan mengenai menghakimi dengan benar. Dikatakan bahwa 12 rasul akan menghakimi 12 suku Israel dalam Kerajaan Allah. Bahkan dikatakan pula bahwa kita tidak hanya akan menghakimi bangsa-bangsa, melainkan juga para malaikat di masa yang akan datang. Masa kini adalah masa pelatihan untuk memerintah bagi mereka yang akan berkuasa dan memerintah bersama Tuhan dalam Kerajaan-Nya, dan ini adalah sesuatu yang harus kita pelajari sekarang ini.

(Disadur & diterjemahkan secara bebas dari "Unrighteous Judgment Word of the Week - Week 43" by Rick Joyner)

Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar