Skip to main content

MENGETAHUI MASA-MASA KEHIDUPAN



(Artikel ini ditulis pada tanggal 5 Januari 2001)
Oleh: Bpk. Peter B. K.




Salomo yang memakai nama samaran Pengkhotbah pernah menulis bahwa “untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawa langit ada waktunya “Apa artinya? Artinya tidak ada sesuatupun di dunia ini berlangsung selama-lamanya tanpa berhenti, tetapi untuk setiap perkara ada waktunya untuk berhenti atau dimulai kembali. Buah-buahan ada musimnya (tidak selamanya kita mudah mencari durian atau mangga). Tidak selalu kita bersukacita karena menuai karena, kita tahu, waktu itu baru mulai waktu menanam.

Bagi kita manusia berlaku pula hal itu. Apakah kemunculan kita begitu tiba-tiba dan langsung dewasa? Bukankah ada waktu untuk lahir dan ada waktu untuk mati?  Dan diantara masa lahir dan mati itu jelas ada begitu banyak masa yang lain. Bacalah Pengkhotbah pasal 3 dan kita akan jelas ada begitu betapa hidup manusia memiliki banyak masa selama waktu hidup yang singkat ini. Pertanyaan yang penting sekarang ini adalah masa apakah sekarang ini dalam hidup kita – di tahun 2001 ini? Secara keseluruhan, tahukah engkau masa apakah dalam tahun hidupmu di 2001 ini?


                Bagi beberapa orang (atau banyak orang?) hidup ini diumpamakan dan dipandang bagaikan “air yang mengalir” Kehidupan dilalui tanpa beban, ringan, dinikmati, dan … tanpa arah dan tujuan. Biarkanlah semuanya terjadi sebagaimana seharusnya, “demikian mereka berkata. Benar begitu? Tentu saja tidak. Karena itulah maka beberapa orang tidak pernah membawa dan memberikan apa-apa selama hidup di dunia. Hidup yang demikian sesungguhnya sama seperti sudah mati sebelum waktunya seperti orang yang sudah mati yang tidak mampu memberikan dan melakukan apa-apa yang baik dan berguna, begitulah mereka yang hidup tanpa tujuan yang pasti. Betapa sedihnya …

                Kembali pada masa-masa kehidupan, Allah kita adalah Allah yang memiliki rencana dalam hidup kita. Rencana – rencanaNya adalah baik penuh damai sejahtera dan Ia berjanji memberikan masa depan yang penuh harapan bagi hidup kita (Yes 29:11). Ia jugalah yang telah menetapkan masa dan waktu dalam setiap hidup manusia. Ia akan membuat segala sesuatu indah di waktuNya. Tahukah Anda waktuNya? Tahukah Anda rancangan dan kerinduanNya untuk tahun ini? Ada begitu banyak orang menjelang akhir tahun lalu menetapkan target dan sasaran untuk tahun 2001 ini. Tanyalah pada mereka, adakah rencana-rencana itu pasti 100% berhasil? Yakinkah mereka bahwa target sasaran mereka tercapai? Saya tidak tahu dan saya tidak yakin mereka akan tahu karena kondisi yang amat sangat tidak menentu di Indonesia. Ketahuilah satu hal ini: Tidak ada yang pasti di dalam hidup ini selain waktu dan masa-masa Tuhan, karena Ia-lah yang empunya waktu dan masa itu! Tugas kita adalah mencari tahu dan bertanya pada Dia, masa apakah dalam hidupku sekarang ini.

Salah satu kisah paling menyedihkan, paling kejam sekaligus memalukan adalah kisah mengenai kejatuhan seorang hamba Tuhan yang di juluki “orang yang berkenan di hati Tuhan”. Ya, orang itu Daud dalam II Samuel 2, kejatuhan Daud yang terbesar dimulai. Itu dimulai pada saat petang itu, Daud bersantai dan dari atas sotoh rumahnya ia melihat wanita itu. Selanjutnya adalah kisah yang tragis untuk diceritakan karena setelah itu dosa-dosa memuncak dan membuahkan kenistaan bagi nama Tuhan sendiri (lihat II Samuel 12:9,14). Tapi …. Apa hubungannya ini dengan waktu Tuhan dan pesan mengenai waktu dan masa? Hubungannya ini  dengan waktu Tuhan dan pesan mengenai waktu dan masa? Hubungannya terletak pada ayat 1 dan 2 Samuel 11. Perhatikanlah ayat itu "Pada pergantian tahun, pada waktu raja-raja biasanya maju berperang, maka Daud menyuruh Yoab maju beserta  orang-orangnya dan seluruh orang Israel. Mereka memusnahkan bani Amon dan mengepung kota Raba, sedang Daud sendiri tinggal di Yerusalem." Itulah titik awalnya! Mengapa Daud jatuh sedemikian dalam dan menyimpang begitu jauh? Ya, karena ia tidak mengetahui waktu dan masa saat itu adalah berperang tapi Daud tinggal di rumah mengikuti kehendak dan rencananya sendiri. Pelajaran yang penting disini adalah : KETIDAKTAHUAN MENGENAI RENCANA MASA-MASA DAN WAKTU TUHAN DALAM HIDUP INI BISA BERAKIBAT FATAL. Ya, FATAL!

Ketahuilah hal ini baik-baik! Jika hidupmu tidak berada dalam tanganNya dan dalam jalur kehendakNya, ada oknum lain yang siap masuk dan membawamu, menarikmu dengan halus  dalam rencananya. Itulah yang dialami Daud!  Iblis memanfaatkan kelengahan Daud dan mempergunakannya untuk hamba Tuhan yang sebelumnya begitu perkasa dan kuat di dalam Tuhan. SEBERAPA KUAT “ROHANIMU ATAU SEBERAPA BANYAK ENGKAU ANGGAP DIRIMU “MENGERTI” FIRMAN TUHAN, TIDAKLAH ADA ARTINYA TANPA DI SERTAI PENGETAHUAN MENGENAI WAKTU DAN MASA TUHAN.” Ingatlah sekali lagi, Iblis  siap merusak dan menghancurkan hidupmu secara total apabila engkau tidak mengikuti waktu dan masa Tuhan.

Surat kabar jawa pos tanggal 2 januari 2001 pada halaman pertama menyajikan berita yang bersifat ramalan seorang peramal. Pediksinya untuk sepanjang tahun ini adalah sebagai berikut : “ akan muncul kericuhan yang situasinya seperti tidak ada pemerintahan …., huru-hara tetap tidak akan bisa dihindari lagi, dan itu mesti terjadi. Dalam 6 bulan pertama, situasi huru-hara mencapai puncaknya ….. bukan berarti 6 bulan berikutnya situasi telah membaik. Namun, peristiwa kericuhan dan huru-hara masih tetap terjadi …. Situasinya akan semakin kacau. “ Dari uraian tadi singkatnya tahun ini adalah tahun huru-hara, kekacauan dan kerusakan. Siapakah sumbernya?  Ya, saudara semua tahu siapa dia! Itulah rencananya atas kita yang di Indonesia. Tetapi rencana Tuhan jauh berbeda.
Masih adakah pilihan lain? Seperti biasa, di dalam Tuhan seringkali kita tidak punya pilihan untuk memilih apa yang terbaik. Yang terbaik selalu yang ada pada Tuhan. Ia selalu punya yang terbaik untuk kita. RancanganNya telah disiapkan . Waktu dan masa yang terbaik telah ditetapkan untuk kita sepanjang tahun ini. Tidak ada kesukaan dan kebahagiaan dan keberuntungan  yang melebihi apabila kita mengetahui waktu apakah 2001 ini dalam rancangan terbaik-Nya. So, mengapa kita tidak mencarinya? Bukankah FirmanNya “…. Siapa yang mencari akan mendapat ….”? Jangan ulangi kesalahan Daud! Jangan biarkan Iblis “mengalirkanmu” dalam rencananya Ijinkan Tuhan berkarya dan menjalankan kehendakNya. Malam tahun baru adalah saat terbaik merefleksikan hidup kita dan bertanya pada Tuhan maksudnya di tahun berikutnya. Tetapi … jika itu telah terlewati dengan sia-sia, jangan kuatir, janjiNya : “ Apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku, apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati, Aku akan memberi kamu menemukan Aku …. “ ( Yeremia 29:13-14).

Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar