Skip to main content

KEMAHAKUASAAN TUHAN DAN BAGIAN KITA (KAJIAN ALKITAB SINGKAT - 29 November)

Oleh: Bpk. Peter B. K.



1 Petrus 5:6-11

6 Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.

7 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

9 Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

10 Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.

11 Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin.

Lebih dari satu kali Petrus menekankan kekuatan dan kemampuan Allah yang perkasa dalam nats di atas.
"Tangan Tuhan yang kuat" (ay. 6)
"IA yang memelihara kamu" (ay. 7)
"Allah, SUMBER se­gala kasih karunia" (ay. 10)
"Kemuliaan-Nya kekal" (ay. 10)
"(Dia yang sanggup) melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan (kita)" (ay. 10)
"Ialah yang EMPUNYA KUASA SAMPAI SELAMA-LAMANYA" (ay. 11)

Artinya, TUHAN lebih dari sanggup membebaskan, menolong, membela, menjaga, melindungi dan melakukan apapun yang perlu demi anak-anak-Nya.
Kita tiada perlu kuatir dalam hidup ini sebab Dia telah menetapkan diri-Nya memelihara kita yang percaya kepada-Nya.

Meski demikian, perhatikanlah, bahwa itu tidak terjadi begitu saja dalam hidup kita.
Tidak digambarkan dalam nats itu bahwa kita tinggal berbaring atau duduk santai sedangkan pelayan-pelayan sorgawi datang melayani kita bagaikan seorang pangeran atau putri kerajaan yang dimanjakan bapanya yang seorang raja diraja.

Kita diperintahkan untuk:
1) merendahkan diri (ay. 6)
2) tidak memegang erat kekuatiran kita sendiri melainkan menyerahkannya (ay. 7)
3) selalu sadar dan berjaga-jaga terhadap musuh (ay. 8)
4) melawan iblis dengan iman yang teguh (ay. 9)
5) menanggung penderitaan seketika/sementara waktu lamanya (ay. 9b,10b)

Itu berarti bahwa kemahakuasaan Tuhan dan kesanggupan-Nya menjamin hidup kita tidak menghilangkan peran dan bagian kita di hadapan-Nya. Bahkan kita masih diijinkan menanggung penderitaan selama hidup kita.
Ada kerja sama antara kita dengan Allah untuk melihat kuasa-Nya nyata di hidup kita.

Selagi kita fokus melakukan bagian kita, Allah sudah pasti setia melakukan bagian-Nya.
Itu sebabnya pikiran kita seharusnya TIDAK KITA ISI dengan pikiran-pikiran ini:

"Tenang saja. Tuhan pegang kendali. Kalau Dia tidak mengijinkan maka tidak akan terjadi. Semua dalam kontrol Tuhan. Pasti tidak terjadi yang buruk karena Tuhan pasti mendatangkan yang baik"

"Aku anak raja. Bisa melakukan apapun dan mengklaim apapun demi kenyamanan dan kesenanganku. Dia sumber segala berkat dan pasti memberikan apa yang aku minta"

"Tidak mengapa. Kalau nanti aku terjerat banyak problem meskipun semuanya karena perbuatan dan perkataanku sendiri tapi kan Tuhan berjanji menolong dan berikan mujizat-Nya kalau aku berseru kepada-Nya? Santai saja. Kita punya Tuhan yang hebat"

Sudah seharusnya, mengetahui firman di atas, kita MEMIKIRKAN HAL-HAL INI:

"Sudahkah aku merendahkan diri di hadapan Tuhan hari ini? "
"Apakah hidupku mencerminkan suatu sikap merendahkan diri di hadapan Tuhan?"
"Bagaimana merendahkan diri dan menyerahkan kekuatiran itu seharusnya?
"Sudahkah hidupku aku jaga supaya senantiasa sadar dan berjaga-jaga terhadap serangan iblis?"
"Adakah imanku teguh melawan kuasa-kuasa kegelapan?"
"Tahukah aku bahwa hidup mengikut Yesus juga termasuk menanggung derita di dunia ini?"

Pendeknya, kita perlu lebih banyak memikirkan bagian kita setelah kita tahu bahwa dari pihak Allah tidak mungkin berdusta atau tidak setia menepati janji-Nya.

Jika hati dan pikiran kita selalu terarah pada apa yang Allah sanggup lakukan bagi kita maka kita akan menjadi anak yang manja, suka merengek-rengek dan menjadi ngambek jika Dia tidak menuruti keinginan dan harapan kita. Pada saat itu, seharusnya kita mulai mempertanyakan apakah kita benar-benar mengetahui jalan-jalan Tuhan atau selama ini kita mencari manfaat demi kepentingan sendiri dalam hubungan dengan Tuhan.

Putra putri raja yang dewasa dan memahami otoritas kerajaan tidak menggunakan otoritas itu untuk melampiaskan keinginan dan ambisi pribadi. Mereka mengerti ada tanggung jawab, kewajiban, tugas dan bagian yang harus mereka lakukan dalam hidup mereka sebagai putra putri Allah. Keselamatan kita telah dijamin namun hidup bersama Tuhan bukan hidup sesuka hati kita sendiri.
Ada sikap merendahkan diri. Ada iman yang teguh. Ada penyerahan ketakutan lalu menggantinya dengan keteguhan hati. Ada perlawanan dan konfrontasi dengan kuasa kegelapan. Ada penderitaan yang harus kita alami dan tanggung selagi berjalan bersama Tuhan. Paham dan siapkah kita akan semuanya itu?

Hidup bersama Tuhan tidak selalu lancar dan mulus dimana seluruh tantangan, kesulitan dan bahaya akan dibereskan Tuhan bagi kita.
Dia yang Mahakuasa menggunakan kekuasaan-Nya sesuai dengan hikmat dan kehendak-Nya atas masing-masing kita, seturut rencana kebaikan-Nya dalam hidup kita.

Mujizat masih ada dan masih dilakukan Tuhan. Tapi itu bukan berdasarkan kehendak dan kemauan kita. Allah melihat dan menghargai iman kita dengan mengganjar kita dengan berkat-berkat terbaik yang ada pada-Nya. Hanya saja, itu diberikan dalam konteks yang Dia inginkan. Bukan seperti selalu yang kita mau. Seperti yang Petrus katakan: supaya kamu ditinggikan-Nya PADA WAKTUNYA!

Itu sebabnya selalu akan ada tahap-tahap sukar dan berat yang kita lalui.
Meski begitu, dalam segala keadaan kita boleh yakin, Dia tidak pernah meninggalkan kita sendiri.

Dalam cara dan jalan yang (mungkin) tidak kita pahami dimana kita harus melalui jalan terjal dan menurun, Dia PASTI akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kita.

SALAM REVIVAL.
Indonesia penuh kemuliaan Tuhan.

Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar