Skip to main content

A KISS: WORSHIP OR BETRAYAL

(lanjutan dari Mistery of a kiss)
Oleh: Peter B, MA




“Orang (Yudas Iskariot) yang menyerahkan Dia (Yesus) telah memberitahukan tanda ini kepada mereka: “Orang yang akan kucium. Itulah Dia. Tangkaplah Dia dan bawalah Dia dengan selamat. “Dan ketika ia sampai di situ, ia segera maju mendapatkan Yesus dan berkata: “Rabi.” lalu mencium Dia.” Maka kata Yesus kepadanya: “Hai Yudas, engkau menyerahkan Anak Manusia dengan sebuah ciuman?” (Mark. 14:44-45; Luk. 22:48).
Dari kisah tragis pengkhianatan Yudas Iskariot, Kita dapat belajar untuk memperbaiki penyembahan kita kepadaNya. Penyembahan ala Yudas adalah penyembahan yang sangat dibenci oleh Tuhan. Tidak selayaknya penyembah sejati melakukan hal itu.

Sisi lain dari kisah ini, kita dapati dalam Luk. 22:48 (lihat nast di atas). Pada nast ini, Yesus menjawab Yudas dengan teguran yang keras sebagai balasan ciuman palsunya itu. Yesus, yang mengetahui hati dan pikiran setiap manusia, tahu persis apa maksud ciuman Yudas itu. Dengan ciuman itulah Yudas menyerahkan Yesus untuk ditangkap dan dibunuh. Dengan ciuman itulah Yudas mengkhianati Yesus. Hal ini begitu jelas apabila kita membaca dalam terjemahan Alkitab King James: “Yudas, engkau mengkhianati (betray) Anak manusia dengan sebuah ciuman?"

Perhatikan baik-baik; dengan sebuah ‘ciuman’ kita bisa mengkhianati Yesus, Tuhan kita. Apa maksudnya? Beberapa waktu yang lalu kita telah belajar arti penyembahan. Penyembahan juga digambarkan sebagai suatu ciuman. Jadi, bukan tidak mungkin saat sepertinya kita menyembah Dia, kita sebenarnya sedang ‘mengkhianati’ Dia. Ini sesuatu yang sangat mengerikan, Tetapi itulah fakta dari perbuatan munafik Yudas kepada Guru dan Tuhannya.

Kita ‘mengkhianati’ Tuhan bukan saja pada saat kita berbuat dosa yang terang-terangan. Bukan sekedar saat kita membenci sesama kita dan tidak mau mengampuninya. Bukan saja saat kita mencuri, berdusta, berzinah, berjudi dan sebagainya. Bukan hanya saat hidup jauh dari persekutuan dengan Dia dan melupakan jam-jam doa kita. Tidak hanya saat kita ada di luar tempat ibadah, bukan saat kita ada di tengah-tengah teman-teman yang jahat, bukan saat di plaza, bukan saat di tempat-tempat hiburan malam, Bukan semuanya itu.
Tetapi seperti Yudas Iskariot, kita bisa saja mengkhianati Tuhan pada saat kita beribadah kepadaNya, di dalam gereja, dalam jam-jam ibadah! Justru hal inilah yang lebih mengerikan daripada segala dosa yang disebutkan sebelumnya di atas. Mengapa? Karena kita menipu banyak orang, yang mungkin sedang menyangka kita ini saleh dan suci. Mengapa? Karena kita menipu saudara seiman yang berpikir kita orang Kristen yang sungguh-sungguh beribadah kepada Tuhan dan yang lebih fatal lagi: kita sedang mencoba menipu TUHAN yang Mahatahu!

Bagaimana kita mengkhianati Dia pada saat kita beribadah kepadaNya? Kita ‘mengkhianati’ dan ‘menjual’ Dia dengan murah apabila kita menyembah dengan hati yang tidak tulus  dan dengan hati yang tidak takut akan Dia. Yudas Iskariot bersikap seolah-olah ia menghormati  Yesus padahal ia tidak memiliki hormat akan Dia. Yudas bertindak seperti segan dan takut kepada Yesus tetapi ia sama sekali tidak mempuyai takut akan Dia. Ya, itulah dia. Itulah cara Yudas mengkhianati Yesus. Dan kita akan melakukan hal yang sama jika kita menyembah Dia tanpa takut dan hormat akan Dia.

Jika kita datang kepada Dia dalam ibadah baik itu doa pribadi, ibadah di gereja atau persekutuan doa dan kita memuji, bertepuk tangan, berdoa dan menaikkan nyanyian penyembahan, sedangkan hati dan hidup kita tidak memiliki hormat akan Dia dan FirmanNya; itulah yang dinamakan ‘pengkhianatan’. Jika kita datang beribadah dan melakukan semua tata cara ibadah tetapi hati kita keras dan memilih untuk tidak mau taat kepadaNya: itulah yang dinamakan ‘menjual’ Yesus. Jika kita mengaku sebagai penyembah dan suka untuk memuji dan meninggikan Dia dalam acara-acara ibadah tetapi tidak pernah menghiraukan setiap perkataan dan kehendakNya dalam hidup kita, itulah ‘pengkhianatan dan perzinahan rohani’ yang merupakan inti perbuatan Yudas.

Penyembahan yang sejati dipenuhi takut akan Dia. Di dalam penyembahan sejati, kita merendahkan diri serendah-rendahnya dan memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada Pribadi Teragung itu, Allah semesta alam. Hati kita dipenuhi penundukan diri sepenuhnya kepada kedaulatan dan kekuasanNya atas hidup kita. Penundukan total kepada Dia itulah takut akan Tuhan.

Menyembah dalam takut akan Tuhan harus dibedakan dengan menyembah dalah roh ketakutan. Kita tidak boleh datang menyembah karena takut akan hukuman, murka, kutuk dan sebagainya: ini alasan penyembahan yang buruk (penyembahan seperti itulah yang diinginkan iblis dalam kekuasannya yang otoriter, supaya ia dapat memperbudak penyembahnya). Tetapi penyembahan kita kepada Tuhan merupakan ungkapan penundukan diri, penghormatan yang dalam, kasih yang tulus serta kekaguman akan pribadiNya.

Daud penyembah yang terkenal itu mengerti benar bagaimana menyembah dan melayani Tuan di atas segala tuan itu. Ia tahu arti penyembahan sejati saat ia menulis dengan gamblang: “Beribadahlah kepada TUHAN dengan takut, dan ciumlah kakiNya dengan gemetar….” (Mazmur. 2:11)

Inilah penyembahan sejati. Inilah yang dicari oleh Bapa dan inilah penyembahan yang diterima oleh Dia. Sungguh, Bapa mencari penyembahan yang penuh dengan kerendahan hati bukan yang jumawa: ia mencari penyembahan yang keluar dari hati yang mencari, berharap dan bergantung sepenuhnya kepada Dia bukan jiwa yang merasa kuat dan mampu berjalan sendiri: Ia mencari penyembahan yang keluar dari hati yang menjerit bahwa ia tidak dapat hidup tanpa kehadiranNya bukan hati yang tidak peduli akan Dia dan kehendakNya.

Bukankah menyedihkan jika sampai hari ini ‘pengkhianatan’ masih dilakukan murid-murid dan pengikut Kristus. Hari ini, adakah perubahan total. Hancurkan hati yang keras, gantikan dengan hati yang tulus. Biarlah yang tampak di luar sama dengan apa yang di hati. Biarlah hati kita hanya tertuju dan terpesona pada keindahanNya. Itulah penyembahan dalam ketulusan yang sanggup menghapus air mataNya. Amin.

Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar