Skip to main content

KONDISI POLITIK DAN MAKSUD TUHAN ATAS UMAT-NYA



Oleh: Peter B. MA



Nats :
Kemudian bangkitlah seorang raja baru memerintah tanah Mesir, yang tidak mengenal Yusuf.
Berkatalah raja itu kepada rakyatnya: "Bangsa Israel itu sangat banyak dan lebih besar jumlahnya dari pada kita.
Marilah kita bertindak dengan bijaksana terhadap mereka, supaya mereka jangan bertambah banyak lagi dan — jika terjadi peperangan — jangan bersekutu nanti dengan musuh kita dan memerangi kita, lalu pergi dari negeri ini."
Sebab itu pengawas-pengawas rodi ditempatkan atas mereka untuk menindas mereka dengan kerja paksa: mereka harus mendirikan bagi Firaun kota-kota perbekalan, yakni Pitom dan Raamses.
Tetapi makin ditindas, makin bertambah banyak dan berkembang mereka, sehingga orang merasa takut kepada orang Israel itu.
Lalu dengan kejam orang Mesir memaksa orang Israel bekerja,
dan memahitkan hidup mereka dengan pekerjaan yang berat, yaitu mengerjakan tanah liat dan batu bata, dan berbagai-bagai pekerjaan di padang, ya segala pekerjaan yang dengan kejam dipaksakan orang Mesir kepada mereka itu.

~ Keluaran 1:8-14 (TB)
Mesir yang semula begitu menghormati Yusuf, kini telah berubah. Keturunan Yusuf beserta saudara-saudaranya yang telah bertambah demikian banyak kini dimusuhi oleh penguasa Mesir. Bahkan mereka bermaksud untuk melemahkan dan mengurangi jumlah orang-orang keturunan Yakub atau Israel di tanah Mesir. 
Bagaimana bisa suatu bangsa yang semula begitu menghargai Yusuf hingga hampir seluruh pejabat Mesir turut serta mengiring pemakaman Yakub, ayah Yusuf itu, kini berubah 180 derajat hingga ingin membinasakan keturunan dan kaum Yusuf?
Alkitab mencatat itu disebabkan karena mereka lupa akan sejarah. Mereka lupa bahwa bangsa mereka pernah diselamatkan oleh jasa Yusuf. Hati mereka merasa tidak aman, dibayangi rasa takut dan kekuatiran yang besar jika suatu kali nanti bangsa pendatang yang mendiami negeri mereka menjadi lebih kuat daripada mereka. Dengan kekuasaan di tangan mereka, mereka bermaksud mengamankan posisi mereka sekaligus memanfaatkan kaum pendatang untuk kepentingan mereka. Dan dimulailah diskriminasi bahkan penindasan terhadap orang-orang Israel keturunan Yusuf yang dahulu sangat diterima dan disambut baik oleh leluhur mereka.
Demikianlah yang terjadi di dunia hingga kini. Pemerintahan dan politik silih berganti. Ada kalanya pemerintah suatu negara memberikan kelonggaran dan kemudahan pagi umat pilihan Tuhan. Namun ada juga saatnya, situasi berbalik di mana anak-anak Tuhan dipersulit dan dianiaya. Mengapa ini semua bisa terjadi?
Jika kita mau jujur, salah satu faktor utama penyebab semuanya ini adalah sifat manusia itu sendiri. Jangankan sewaktu di Mesir di mana orang Israel merupakan pendatang di sana, menengok sejarah Israel kita tahu tidak semua pemimpin mereka berbuat baik kepada rakyatnya. Catatan Alkitab menunjukkan begitu banyak pemimpin-pemimpin Israel yang lalim, yang memerintah bangsanya dengan keji dan menyengsarakan rakyatnya, yang pada dasarnya merupakan bangsa mereka sendiri.
Pemimpin-pemimpin (politik) yang jahat akan menyebabkan banyak penderitaan kepada siapa pun yang tidak disukainya atau yang tidak diperhatikannya. Pemimpin yang fasik hanya peduli kepada kepentingannya sendiri. Ia digerakkan oleh ambisi dan hawa nafsunya untuk mendapatkan berbagai keinginan dan tujuan pribadinya. Ia bertindak dan memutuskan berdasarkan ketakutan di hatinya ataupun demi mengamankan situasi dan kepentingan-kepentingannya. Pemimpin yang seperti ini mendatangkan kesengsaraan yang besar dan tiada habisnya bagi orang-orang yang di bawah otoritasnya.
Tuhan terkadang mengijinkan pemimpin politik semacam ini naik dan berkuasa sebab Ia dapat menggunakan mereka untuk menggenapi tujuan-tujuan-Nya atas umat-Nya. Meski terlihat berdiam diri dan membiarkan, Ia tetap bekerja di balik layar mengawasi umat-Nya dan campur tangan dalam setiap situasi. Melalui ini semua, ia ingin umat-Nya mengingat akan Dia dan memahami setiap rencana-Nya. Dalam kisah di awal kitab Keluaran ini, Tuhan menggunakan Firaun untuk membuat seluruh Israel ingat akan Allah nenek moyang mereka, Allah Abraham, Ishak dan Yakub. Dan supaya mereka memalingkan wajah mereka pada dia, mencari pertolongan serta kelepasan daripada-Nya.
Lama sesudah itu matilah raja Mesir. Tetapi orang Israel masih mengeluh karena perbudakan, dan mereka berseru-seru, sehingga teriak mereka minta tolong karena perbudakan itu sampai kepada Allah.
Allah mendengar mereka mengerang, lalu Ia mengingat kepada perjanjian-Nya dengan Abraham, Ishak dan Yakub.
Maka Allah melihat orang Israel itu, dan Allah memperhatikan mereka.
~ Keluaran 2:23-25 (TB)
Pelajaran yang dapat kita ambil dari kondisi perpolitikan yang sulit adalah bahwa kita tidak perlu menunggu keadaan kita menjadi sedemikian berat dan sukar untuk mencari Tuhan dan berseru-seru kepada-Nya akan keadaan kita. Ketika pemimpin yang lalim di depan mata, sudah seharusnya kita meminta Tuhan membangkitkan hamba-hamba-Nya yang akan membawa umat-Nya berkemenangan dan membalikkan keadaan. Doa dan ratapan kita menentukan masa depan kita sebagai umat Tuhan. Israel berdoa dan mengerang, dan Tuhan pun membangkitkan seorang Musa untuk mengadakan pembebasan dan melahirkan sebuah bangsa pilihan yang membawa kegentaran dan kesaksian bagi bangsa-bangsa lainnya.
Kondisi sukar yang menimpa gereja Tuhan kerap kali merupakan pertanda bahwa Tuhan hendak mengadakan terobosan untuk masuk dalam tingkatan yang baru. Ia rindu kita meninggalkan zona nyaman dan melangkah memasuki musim yang baru dan tahapan yang lebih tinggi dalam rencana-Nya. Bagian kita ialah dengar-dengaran dan terus melangkah dalam ketaatan, membayar harga untuk masuk lebih jauh dalam kegerakan-Nya.
Jadi jika kita melihat perpolitikan tidak lagi menguntungkan bagi kita, seharusnya kita tahu bahwa kita perlu menjerit dan mengerang di hadapan Tuhan untuk satu pemulihan dan kelepasan ilahi. Bukan dengan terus mempertahankan kenyamanan kita dan menunggu keadaan begitu menekan serta menimbulkan banyak korban. 
Inilah waktunya untuk berseru dan mencari wajah Tuhan. Juga untuk mengenali pimpinan dan petunjuk-Nya akan apa yang seharusnya kita lakukan demi terjadinya suatu terobosan rohani dimana nama Tuhan akhirnya ditinggikan serta dimuliakan, dan sebaliknya kuasa kegelapan dikalahkan dan dipermalukan.
Maukah Anda bersatu dalam ratap tangis dan mengambil bagian membayar harga bagi perubahan Indonesia hari ini?
Salam Revival!
Indonesia penuh kemuliaan Tuhan



Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar