Skip to main content

MENGANDALKAN TUHAN MENOLONG KITA MENJADI PELAKU FIRMAN



Oleh : Peter B, MA



Aku akan berpegang pada ketetapan-ketetapan-Mu, janganlah tinggalkan aku sama sekali.
~ Mazmur 119:8 (TB)

Aku akan taat kepada hukum-Mu; janganlah sekali-kali tinggalkan aku!
~ Mazmur 119:5 (BM)

Aku akan melakukan apa yang Kau perintahkan untuk kulakukan; jangan pernah menjauh dan meninggalkan aku.
Mazmur 119:7 (MSG)


Mazmur 119 memberitahukan kita banyak hal mengenai bagaimana kita berhubungan dengan firman Tuhan. Jika mempelajarinya dengan tekun, kita akan tahu seluk beluk atas apa yang menjadi maksud dan tujuan firman Tuhan. Di dalamnya, tak sedikit referensi mengenai Sang Perancang firman itu sendiri. Dan yang paling utama, dari Mazmur 119 kita dapat belajar bagaimana sikap hati, pikiran, perasaan, kehendak bahkan gaya hidup orang yang sungguh-sungguh mau belajar melakukan perintah Tuhan dalam hidupnya.

Bagi mereka yang rindu menjadi pelaku-pelaku firman, Mazmur 119 menyimpan rahasia yang besar tentang bagaimana hidup kita dapat menggenapi perintah dan janji Yesus Kristus sendiri, "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya" (Lukas 11:28)

Nats yang menjadi fokus perenungan kita merupakan suatu doa kepada Tuhan. Suatu doa supaya tidak ditinggalkan Tuhan, saat melangkah menjadi pelaksana perintah-perintah-Nya.

"Jangan tinggalkan aku sama sekali" merupakan pernyataan ketidakmampuan diri sebagai manusia biasa dalam melaksanakan kehendak Tuhan.
Mengapa pemazmur merasa tidak mampu? Sebab dalam melakukan firman, tidaklah mudah. Orang harus melawan kecenderungan dirinya yang dikuasai nafsu dan sifat-sifat kedagingan yang berbeda jalan dengan firman Tuhan. Tidak hanya itu, terkadang kita harus menghadapi cemooh, hinaan, cibiran dan sikap sinis lingkungan sekitar karena dipandang sebagai sok suci dan kaum fanatik. Pada umumnya, gaya hidup taat kepada Tuhan akan dijauhi oleh dunia. Sungguh suatu perjuangan yang besar untuk menjadi pelaku firman sejati. Tidak sedikit yang merasa lemah sebelum melangkah, merasa kalah sebelum berperang.

Meski begitu, di pihak lain, ada sebagian orang yang terlalu percaya diri. Entah karena kurang mengetahui ukuran yang benar atau ia memandang dirinya sendiri terlalu tinggi, merasa mampu menjadi pelaku firman. Ia cukup yakin bahwa dirinya telah berhasil melakukan ketetapan-ketetapan Tuhan (lihat Markus 10:19-20). Hanya, benarkah seseorang benar-benar mampu melaksanakan kehendak Tuhan dengan kekuatannya sendiri?

Pemazmur mengetahui benar akan keterbatasan dan kelemahannya. Sebab itu, ia tak ingin melangkah berdasar kemampuan manusiawinya. Mengikut Tuhan yang tak terlihat, sedangkan kita bagai domba yang lemah, kita memerlukan kekuatan di luar kita (yaitu kekuatan dan kuasa Tuhan), yang melampaui keterbatasan kita, untuk menolong supaya kita berhasil mengamalkan perintah Tuhan


"Janganlah sekali-sekali meninggalkan aku" merupakan ekspresi ketergantungan pada Allah supaya dimampukan memegang perintah-perintah Tuhan dalam hidup.
Kerinduan untuk melakukan firman Tuhan seharusnya disertai suatu ketergantungan kepada Sang Pemberi Firman, satu-satunya yang dapat menolong dan memberikan segala yang kita perlukan untuk melaksanakan perintah-Nya. Kita harus selalu meminta bimbingan, nasihat, petunjuk, bahkan kekuatan supaya kita tidak menyerah dan menjadi lemah.
Dia yang memberikan kepada kita perintah untuk "menjadikan segala bangsa murid-Nya" bukankah Dia pula yang berjanji akan "menyertai kita sampai akhir zaman"? (Lihat Matius 28:18-20). Itu sebabnya kita seharusnya tidak mengandalkan kekuatan sendiri lalu percaya kepada akal pikiran kita sendiri dalam mengerjakan kehendak Tuhan. Kita harus bergantung kepada-Nya oleh karena kita terlalu lemah untuk perintah-Nya yang tampak sukar dari perspektif insani. Juga supaya kita mengerjakan apa yang tepat di hati-Nya sehingga hati-Nya bersuka karena kita.

Hanya dengan tuntunan, penghiburan dan perlengkapan ilahi saja kita sanggup menunaikan mandat dan tugas yang juga ilahi itu.


"Jangan Engkau menjauh dan meninggalkan aku" ialah isi hati seorang murid, hati yang rindu untuk belajar dari Tuhan, yang bersungguh hati mau mengikuti petunjuk Tuhan, yang oleh karenanya berpaling pada Tuhan untuk menjadikannya berhasil

Seorang murid adalah seorang yang belajar. Seseorang yang mengambil posisi untuk diajar. Ia harus rendah hati dan menyediakan diri untuk dibimbing dan diarahkan lebih lanjut. Seorang murid bergantung pada gurunya sebab kepada sang gurulah, ia meletakkan keyakinan dan pengharapan untuk mencapai tingkat yang sama dengan gurunya. Seorang murid tahu dalam bimbingan sang guru dan dalam ketaatannya pada bimbingan itu, ia akan mencapai target pembelajarannya. Itu sebabnya, ia senantiasa berharap disertai dan diarahkan setiap waktu.

Beberapa orang yang ingin melakukan kehendak Tuhan memulainya dengan dasar sikap hati yang keliru. Mereka baru tahu sedikit tetapi seolah sudah memastikan apa yang Tuhan inginkan. Dengan sederet koleksi data berisi pengetahuan hal-hal tentang Tuhan, mereka bersikap seperti sudah mengenal pribadi dan isi hati Tuhan, bahkan dengan berani menilai dan mengklaim Tuhan itu seperti apa. Mereka percaya bukan pada pimpinan Roh Kudus, yang merupakan roh hikmat dan wahyu itu, untuk mengenal Tuhan dengan benar. Mereka menaruh keyakinan pada kemampuan nalar manusiawi mereka yang terbatas dipandang mampu memahami yang tak terbatas, padahal rancangan Tuhan yang kerap kali merupakan kebalikan dari hikmat dunia ini (lihat 1 Korintus 1:18-20; Yesaya 55:8-9). Sejatinya, ini adalah sesuatu yang bodoh, sekalipun dipoles dan ditampilkan dengan berbagai argumen dari olah pikir yang meyakinkan.

Dengan keberadaan kita yang sebelumnya hidup sebagai manusia lama, yang terbiasa mengikuti pola-pola duniawi yang jauh dari pengenalan akan Allah, mustahil kita dapat melakukan firman Tuhan tanpa pertolongan dari Tuhan sendiri. Itu sebabnya, Roh Kudus diutus untuk memimpin kita dalam seluruh kebenaran (Yohanes 16:13). Dan kita pun harus bergantung kepada Dia, yang memberikan kuasa kepada kita untuk hidup sesuai kerinduan-Nya (Kisah Para Rasul 1:8; 2 Timotius 1:7). Sikap mengandalkan kekuatan Tuhan ini hanya mungkin ketika kita cukup rendah hati mengakui bahwa kita ini lemah, mudah sesat dan tertipu, dan kurang dalam hikmat sejati. Memiliki sifat yang merupakan kebalikan dari ini, justru akan membawa kita semakin jauh dari praktek-praktek kebenaran. Yang percaya akan dirinya sendiri akan jatuh dalam kesombongan, meskipun mereka mempelajari firman. Mereka akan merasa dirinya telah cukup tahu dan mengklaim diri benar di mata Tuhan. Alih-alih melakukan kehendak Tuhan, mereka menentang Tuhan dan berpihak pada iblis bahkan dengan mengatas namakan sedang mengamalkan hukum-hukum Tuhan.


Untuk menjadi pelaku firman, kita perlu bergantung pada Tuhan. Pada kekuatan kuasa-Nya, kasih karunia-Nya, hikmat-Nya dan kehadiran-Nya yang menyertai kita. Inilah sebabnya mengapa pada akhirnya dikatakan "Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!" (Roma 11:36)

Keberhasilan kita kelak menerima upah kekal sebenarnya bukan karena kemampuan dan kehebatan kita. Semua karena Ia telah begitu sabar dan dengan penuh cinta menopang kita yang lemah dan kecil ini hingga kesudahan segala sesuatu

Oh biarlah hati kita tetap tertuju dan mengandalkan Dia.
Biarlah kiranya diberikan dan tetap senantiasa hati seorang murid menjadi milik kita.

Ya Tuhan, ajar kami senantiasa memandang kepada-Mu, supaya kami senantiasa menanti-nantikan pimpinan-Mu, peneguhan-Mu, dan kekuatan-Mu sebelum berkata-kata, memutuskan sesuatu dan melakukan sesuatu.
Jangan pernah tinggalkan kami, melainkan tuntunlah kami sebab kami mau berjalan dalam kehendak-Mu.

Salam revival
Indonesia penuh kemuliaan Tuhan

Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar