Skip to main content

12 PERTANYAAN UTAMA UNTUK MENILAI DIRI Apakah Anda menghidupi kerohanian sejati atau agamawi semata?


Oleh : Peter B, MA



1) Apakah secara mental, Anda lebih sering menilai orang lain / segala sesuatu di luar diri Anda daripada menilai dan memeriksa diri Anda sendiri?

2) Apakah Anda mengalami pertumbuhan rohani setelah sekian lama menjadi orang Kristen? Dapatkah Anda mengukur apakah Anda seorang kanak-kanak rohani, orang muda rohani atau dewasa rohani saat ini? 

3) Dapatkah Anda menjawab dengan lugas dan tegas apa makna mengikut Yesus Kristus itu?

4) Apakah Anda secara konstan berkomunikasi dua arah dengan Tuhan? Apakah hubungan Anda dapat secara yakin Anda gambarkan sebagai hubungan yang hidup, hangat, intim dan personal dengan Tuhan? 


5) Apakah kegiatan ibadah dan pelayanan yang Anda lakukan lebih merupakan prakterk-praktek rutin serta suatu bentuk kewajiban moral daripada suatu aktifitas-aktifitas penuh gairah dan semangat kudus karena rasa cinta dan karena kehormatan melayani Sang Raja?


6) Apakah Anda telah cukup jelas dan lancar (tidak gagap atau kebingungan) mengaplikasikan prinsip-prinsip firman Tuhan yang Anda baca, terima dan dengarkan melalui berbagai sumber dengan masalah, tantangan dan urusan Anda sehari-hari (atau sewaktu hendak menyikapi kasus atau persoalan yang sedang dihadapi orang lain maupun yang terjadi di sekitar Anda)?

7) Apakah Anda cukup memahami ukuran-ukuran rohani yang benar dan jelas sesuai prinsip-prinsip Alkitab dalam kaitannya dengan berbagai bidang kehidupan?

8) Apakah gairah dan hasrat Anda sehari-hari lebih banyak tertuju kepada Tuhan dan kepada apa yang berasal dari-Nya sehingga Anda dimampukan lebih berkenan kepada-Nya daripada menggunakan waktu, tenaga dan sumber daya Anda lainnya untuk tersita dan sibuk tertuju pada urusan-urusan sehari-hari yang ada di dunia ini saja?
Apakah Anda benar-benar rindu mengenal Tuhan lebih lagi dan mengusahakannya dengan sekuat tenaga setiap hari?

9) Apakah Anda mencari kejelasan petunjuk hikmat dan kehendak Tuhan dalam memutuskan pilihan-pilihan Anda sehari-hari?

10) Apakah Anda lebih merasa malu melakukan kesalahan di hadapan Tuhan daripada di hadapan orang / manusia?  


11) Apakah di dasar hati Anda, Anda yakin sepenuhnya, ditilik berdasarkan hubungan Anda saat ini dengan Tuhan dan kehidupan yang Anda jalani sekarang, bahwa Anda pasti diselamatkan, beroleh tempat di sorga dan telah mengumpulkan banyak harta di sorga?

12) Tahukah Anda tujuan hidup Anda secara pribadi di dalam Tuhan, lebih dari sekedar mengetahui tujuan umum Kristen seperti hidup untuk memuliakan dan mengasihi Tuhan atau menjadi serupa dengan Kristus?

KETERANGAN :
- Pertanyaan-pertanyaan di atas hanya akan memberikan hasil yang akurat mengenai kerohanian Anda jika Anda menjawabnya dengan jujur di hadapan Tuhan yang mengetahui segala sesuatu tentang hidup Anda, bahkan yang mengetahui yang tersembunyi begitu dalam di hati Anda.

- Jika jawaban Anda adalah "tidak" atas pertanyaan-pertanyaan tersebut mencapai 7 poin pertanyaan atau lebih maka itu menunjukkan Anda masih menjalani kerohanian semu dan palsu. Anda masih seorang agamawi daripada seorang yang benar-benar terhubung dengan Tuhan.

- Segera apabila Anda mengetahui bahwa Anda seorang agamawi, Anda harus segera bertobat dengan datang pada Tuhan melalui doa: meminta Dia memperbarui hidup Anda, mengubah Anda dan membawa Anda dalam persekutuan dan hubungan pribadi dengan Anda.

Jangan puas dan menipu diri dalam kepura-puraan rohani yang menyesatkan Anda di "jalan yang disangka lurus namun ujungnya menuju maut". Jangan biarkan iblis mempermainkan hidup Anda.

Jangan pasif dan tidak berbuat apa-apa terhadap keagamawian Anda karena tidak akan ada kebenaran, kehidupan dan keselamatan dari Tuhan bagi orang-orang agamawi.

DALAM HUBUNGAN YANG BENAR DENGAN TUHAN ADA KESELAMATAN, PERTUMBUHAN, DAN KEHIDUPAN TETAPI DALAM KEAGAMAWIAN HANYA ADA KEKERINGAN, KESESATAN SERTA KEMATIAN.

Salam revival

Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar