Skip to main content

​MENGEJAR PENGERTIAN AKAN SEGALA SESUATU


Oleh : Peter B, MA



Ayat Hari Ini :

2 Timotius 2:7 (TB)
Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.

2 Timotius 2:7 (TSI2)
Pikirkanlah contoh-contoh ini, dan TUHAN akan memberikan kemampuan kepadamu untuk mengerti lebih dalam tentang hal-hal ini.


Yang dimaksud Paulus ketika menuliskan kalimat di atas merujuk pada tiga perumpamaan yang disampaikan sebelumnya (yaitu ayat 4-6). Harus diakui bahwa contoh atau perumpamaan yang disampaikannya itu bukan sesuatu yang mudah dipahami. Memerlukan perenungan mendalam dan penyelidikan lebih lanjut untuk benar-benar menangkap pengertian dari ilham serta hikmat ilahi itu.

Dan sejatinya, bukan hanya ada tiga perumpamaan itu saja yang sukar dipahami. Membaca seluruh Alkitab, kita akan menemukan begitu banyak ayat dan pernyataan yang tidak mudah dipahami dan ditafsirkan maknanya. Apabila memahami pikiran sesama manusia saja masih merupakan sesuatu yang tidak mudah, betapa sukarnya mengerti apa yang ada di benak pencipta manusia, yang dari pikiran-Nya alam semesta ini dibentuk dan dirancang?
Tak pelak, kita memerlukan pertolongan Tuhan sendiri untuk dapat menyelami pikiran²Nya.

Paulus tahu benar akan hal itu. Itu sebabnya ia menyatakan dengan yakin bahwa KETIKA KITA MAU BELAJAR JALAN-JALAN TUHAN YANG TERSEMBUNYI, TUHAN AKAN MENOLONG KITA DENGAN MEMBERIKAN KEMAMPUAN PADA KITA UNTUK MENGERTI AKAN JALAN-JALAN-NYA ITU.
Itu artinya, Tuhan menyediakan diri bagi kita. Ia ada untuk menolong kita dalam memahami kehendak-Nya. Ia siap sedia memberikan hikmat dan pewahyuan untuk dapat mengenal Dia dengan benar dan tepat.

Efesus 1:17 (TB)
(aku) meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

Dengan senang hati dan segenap rindu, Tuhan siap mencurahkan penyingkapan demi penyingkapan akan jalan²Nya bagi kita. Ia pasti melakukan bagian-Nya.
Masalahnya ada pada kita.

Berapa banyakkah anak Tuhan yang mau belajar jalan² Tuhan? Adakah yang rindu lebih dalam mengenal Dia dan kehendak-Nya lebih lagi? Akan didapatikah pribadi yang bukan sekedar mengisi otaknya dengan pengetahuan agama atau theologia tetapi yang mendesak untuk mencari tahu apa rencana dan kehendak Tuhan dalam hidupnya, keluarganya atau bangsanya? Apakah ada yang haus untuk memperoleh penyingkapan isi hati-Nya supaya ia boleh makin memperkenan Bapa di sorga? Seberapa sering Tuhan mendengar doa-doa untuk memohon pengertian ini sampai di hadapan tahta-Nya?

Berapa banyak yang bersedia menjadi murid² sejati? Berapa banyak yang merindukan hikmat sejati dan sorgawi?

Memilih tetap tinggal dalam kebodohan di hadapan Allah yang rindu memberikan pengertian dan hikmat adalah kebodohan yang paling bodoh. Sesungguhnya, bukan sesuatu yang mustahil untuk kita mengetahui kehendak Tuhan. Datanglah dengan bulat hati, dengan penuh kerinduan dan ketulusan untuk lebih dekat dan intim dengan Dia.
Dia akan memberi diri-Nya dikenal. Dia tak akan menyembunyikan diri dari Anda. Dia akan menerangi hati dan hidup Anda, memenuhi Anda dengan hikmat yang perlu dan berguna bagi sepanjang hidup Anda. Bersama Dia, Anda bukan hanya akan mulai memperoleh jawaban atas banyak pertanyaan mengenai hidup. Lebih dari itu, Anda akan dibukakan hal-hal rahasia yang tersimpan di hati-Nya, baik mengenai diri Anda pribadi maupun hal² lain. Hidup Anda akan dibawa naik lebih tinggi daripada orang² yang tak berjalan bersama Tuhan. Bagai rajawali Anda akan terbang tinggi. Hingga suatu kali menerima kemenangan akhir Anda di sorga.


Hai anakku, jikalau engkau menerima perkataanku dan menyimpan perintahku di dalam hatimu,
sehingga telingamu memperhatikan hikmat, dan engkau mencenderungkan hatimu kepada kepandaian,
ya, jikalau engkau berseru kepada pengertian, dan menujukan suaramu kepada kepandaian,
jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam,
maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah.
Karena TUHANlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.
Amsal 2:1-6 (TB)

Salam revival!
Tuhan Yesus memberkati kita semua

Bagi saudara-saudari yang berminat bergabung dalam group whatsapp dapat menghubungi no whatsapp 082299968682 atau 081803895744 atau 08980858661

Dengan bersedia mengikuti persyaratan di bawah ini:
https://worshipcenterindonesia.blogspot.com/2017/06/belajar-bersama-bertumbuh-bersama-di.html


Comments

  1. It's a blast to have this words clearly touch my heart and soul

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar