Skip to main content

"MENJAGA DIRI DAN HATI" SESUAI INJIL LUKAS 21:34 (BAGIAN 1)


Oleh Peter B,  MA


Saya rindu membagikan ayat berikut ini menjadi perenungan bagi kita semua…  

Lukas 21:34 (TB)  "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.

Lukas 21:34 (JAWSUR)  Gusti Yésus ngomong: “Jaganen awakmu déwé! Aja sampèk kowé namung mikirké bab sukak-sukak, mangan énak lan ombèn-ombèn waé. Lan aja kokèhan mikirké bab kabutuhané urip, mengko kadung dinané Gusti teka dadakan, kowé durung tata-tata.

Luke 21:34 (KJV)  And take heed to yourselves, lest at any time your hearts be overcharged with surfeiting, and drunkenness, and cares of this life, and so that day come upon you unawares.

Luke 21:34 (NET)  “But be on your guard so that your hearts are not weighed down with dissipation and drunkenness and the worries of this life, and that day close down upon you suddenly like a trap.

Ada 3 hal yang Tuhan minta supaya kita waspadai selama hidup di dunia, khususnya sebagai pengikut dan murid²Nya. Mengingat kedatangan-Nya yang kedua dan hari kematian yang tidak pernah kita ketahui kapan akan menimpa kita, 
Ada 3 hal yang tidak boleh menjadi bagian dari cara hidup kita sebagai anak² Tuhan : 

1) pesta pora (dalam Terjemahan Baru) 
Yang juga diterjemahkan sebagai : 

-Hal² bersenang² (terjemahan Jawa), 
-Bersikap berlebih²an  dalam hal menyenangkan diri (KJV) 
-Menghambur²kan apa yang ada untuk hal² yang tidak penting

Ini berbicara mengenai gaya hidup yang suka bersenang², memuaskan diri dan menggunakan sumber daya yang ada untuk menyenangkan diri sendiri. Makan, jalan² dan mencari hiburan yang menyita hari² dalam hidupnya

2) kemabukan (TB) 

Ini mengacu kepadq keadaan tidak sadar karena dampak minuman keras (dan juga narkoba) yang menghilangkan kesadaran seseorang

3) kepentingan² duniawi (TB) 

Yang juga diterjemahkan sebagai 
-"Kebanyakan berpikir akan kebutuhan hidup" (Jawa) 
-Kekuatiran² hidup (KJV) 
-Kecemasan² dalam hidup ini (NET) 

Tiga hal ini yang sedang Tuhan ingatkan dan sadarkan (SALAH SATUNYA MELALUI WABAH CORONA SEKARANG INI)  kepada orang² Kristen dan dunia supaya mereka segera berpaling pada Tuhan oleh karena hidup mereka yang jauh dari Tuhan, yang hanya berisi mencari kesenangan dunia, bermabuk²an dan bersusah payah mencukupi kebutuhan hidup saja. 

3 hal di atas, menghalangi manusia terhubung dengan Tuhan. Membuat orang terlena atau teralihkan dari arti keberadaan mereka serta tujuan hidup mereka sebagai ciptaan yang paling mulia namun telah putus hubungan dengan Tuhan, yang hidupnya tanpa disadari sedang meluncur menuju kebinasaan kekal. 

Beberapa orang Kristen salah memahami praktek dari ayat ini sehingga kemudian banyak menghabiskan waktu, tenaga, usaha, pergaulan dan lari dari tekanan hidup dengan aktif beribadah dan rajin ke tempat ibadah. 
Masalahnya, selama seseorang beribadah serajin apapun namun hidupnya tidak terhubung dengan Kristus, tidak menyerahkan diri menjadi murid²Nya, semuanya tidak banyak gunanya. Bukannya dilepaskan dari keinginan akan dunia dan beroleh damai sebagai ganti kekuatiran, orang yng hanya terhubung dengan agama hanya akan membanggakan kesalehan semu belaka sedangkan hati mereka tidak diubah bahkan bertambah jahat oleh karena kesombongan dan pembenaran diri. 

Intinya, tidak larut dalam kehidupan duniawi bukan berarti larut dalam kehidupan agamawi. Melepaskan diri dari yang duniawi berarti memiliki sesuatu yang lebih berharga dan mulia dalam hidup, yang karenanya kita dengan sukacita dan rela menjalani hidup yang berbeda dengan  orang² dunia yang tidak mengenal Kristus : hidup menyangkal diri, pukul salib setiap hari dan mengikut Kristus. 

Kiranya ini menjadi perenungan kita semua. Biarlah hati kita bercintakan Kristus saja, kagum akan Kerajaan-Nya, rindu akan hadirat-Nya, mendambakan persekutuan dan perjalanan bersama-Nya, terpesona dengan keindahan panggilan dan rencana-Nya dalam hidup kita, lalu hidup sampai saat terakhir mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan dari Bapa dalam hidup kita. 

Hidup yang demikian niscaya akan siap dan tak tersipu² malu kapanpun kedatangan Tuhan tiba atau saat maut menjemput kita. 

Tuhan Yesus memberkati kita semua. 

Salam revival!


Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar