Skip to main content

MENJAGA DIRI DAN HATI" SESUAI INJIL LUKAS 21:34 (BAGIAN 2)


Oleh Peter B,  MA



Menambahkan sedikit tentang 3 hal yang harus ditinggalkan dan dijauhi dalam kehidupan pengikut² Kristus: 

• 3 hal tsb : (1) hidup fokus berfoya² dan menikmati kesenangan dunia, (2) hidup dalam kemabukan, (3) larut dalam kekuatiran² dunia, sejatinya mewakili cara hidup mayoritas orang di dunia yang tidak mengenal Tuhan, yang tanpa Tuhan, atau yang jauh dari Tuhan. 

• 3 hal tsb juga menggambarkan keadaan jiwa manusia selama menjalani hidup di dunia. 

Hidup bersenang² dan berfoya² merujuk pada orang² yang memiliki kelebihan materi dan menggunakannya untuk mengejar kenyamanan, kesenangan dan kemewahan hidup. Waktu, tenaga, dan dana diboroskan untuk tujuan² memuaskan keinginan dan nafsunya. Entah seseorang berlimpah harta atau tidak, pengejaran kesenangan bisa menjadi salah satu cara menjalani kehidupan selama di dunia. 

hidup dalam kemabukan menggambarkan keadaan mereka yang mengalami tekanan jiwa, stress, depresi dan berusaha lari dari penderitaan hidup. Karena tidak memiliki solusi dalam hidup, orang lari mencari kelegaan dan hiburan yang instan. Semua kalangan, entah berduit atau tidak juga mempunyai cara untuk tenggelam dalam kemabukan.

kuatir akan kebutuhan² hidup menggambarkan jiwa manusia yang tak pernah tenang dan terus berusaha mencari rasa aman pada hal² di dunia ini. Selalu merasa kurang dan takut jika apa yang dimilikinya belum cukup menjamin hidupnya, membuat orang meninggalkan pencarian dan persekutuan dengan Tuhan, kemudian menghabiskan hari²nya mencari peruntungan² yang sifatnya materi. Tak terasa waktu berlalu dan tahun² telah terlewati. Tanpa disadari semua yang diperoleh hanya sekedar duniawi dan fana. Lupa dan terlambat mengumpulkan harta di sorga. Ini dapat terjadi pada semua orang, entah yang sudah dianggap kaya atau masih dalam taraf kemiskinan. Kekuatiran akan kebutuhan hidup telah membuat manusia tertancap dan berakar pada hidup duniawi semata. 

• inti dari semuanya adalah bahwa jiwa manusia yang penuh kelemahan, keterbatasan, bahkan sakit dan menderita memerlukan jawaban dan kesembuhan. Hanya dengan memiliki hubungan dengan Kristus saja, datang di bawah kaki salib, menyerahkan hidup kepada Sang Pencipta, Pemilik Hidup dan Penebus jiwa kita, kita akan menerima pemulihan dan penyembuhan. 

• Kita harus merindukan jawaban dan jamahan dari Kristus saja, yang menjanjikan Air Hidup dan Roti Hidup bagi kita. Jika tidak, kita dapat terjebak dalam arus agamawi belaka, yang alih² memberikan jawaban bagi kita, justru akan membuat hati kita makin keras, angkuh, suka membenarkan diri, merasa lebih baik dari orang lain. Jiwa² miskin dan sakit yang masuk dalam struktur kerohanian akan membawa hal² rohani menjadi alat dan sarana untuk kepentingan² egois. Bedanya dulu orang mencari keuntungan dari hal² yang murni duniawi, kini menggunakan agama dan nama Tuhan untuk memperoleh keuntungan materi. Makin jahat dan tersesat.

Wabah corona saat ini diijinkan Tuhan menjadi waktu² perenungan akan arti dan tujuan keberadaan serta hidup kita sebagai manusia di hadapan Tuhan. Jika semua kesibukan, aktivitas, kegiatan untuk kepentingan² egois manusia sekarang dibatasi, adakah manusia berpaling pada Tuhan, mengingat Dia dan mencari pertolongan dari-Nya?  

Biarlah hidup kita hanya tertuju, terhubung, tertancap, dan terikat dengan Kristus saja supaya kehidupan Kristus mengalir dalam kita dan kita tampil mengatasi cara hidup duniawi yang mementingkan diri, hidup dalam suatu gaya hidup yang baru, yang penuh dengan damai sejahtera dan sukacita sejati. Mantap menjalani hidup di dunia ini bersama² dengan Tuhan, dikuatkan dan dimampukan menghadapi apapun yang terjadi. Siap saja Tuhan memanggil kita pulang kembali ke sorga untuk menerima hidup dan kemuliaan kekal. 

Tuhan memberkati kita semua… 

Salam revival!


Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar