Skip to main content

MENCARI KEBENARAN DAN KERAJAAN ALLAH

Disampaikan oleh Peter B, MA



Matius 6:33 (TB)
"Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu."


Kerajaan Allah artinya Sorga. Jadi mencari dahulu kerajaan Allah berarti hidup berorientasi pada sorga, bukan yang di bumi. Ini sejajar dengan :

Kolose 3:1-4 (TB)
Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.
Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah._
Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Jadi sebagai orang-orang Kristen yang percaya pada Tuhan Yesus, fokus hidup kita bukan hal-hal yang sifatnya duniawi dan materi tapi rohani dn sorgawi. Coba bandingkan berapa banyak hari ini anak-anak Tuhan yang seperti ini? Hari ini bahkan orang ke gereja dan menyembah Tuhan pun hatinya fokus pada pemenuhan materi dan kesuksesan duniawi. Ini sudah jauh melenceng dari perintah Yesus ini

Yang kedua, "kebenaran-Nya". Yang dimaksud ialah "kebenaran Tuhan" atau "kebenaran di hadapan Tuhan atau di dalam Tuhan".

Ini juga harus menjadi prioritas kita. Seumur hidup sudah seharusnya kita mencari suatu posisi yang benar di hadapan Tuhan. Maksudnya tentu suatu kehidupan yang berkenan di hadapan-Nya karena ditemukan benar di mata-Nya dan dalam hubungan yang benar dengan Dia. Hidup menyenangkan hati Tuhan merupakan suatu cara hidup yang menjadi cita-cita, kerinduan dan tujuan UMUM terutama sebagai anak-anak Tuhan. 

Lagi, berapa banyak yang hidup demikian? Berapa banyak yang hidupnya selagi mengaku sebagai anak Tuhan namun kerinduannya ingin benar di matanya sendiri, ingin tepat di mata orang, ingin menyenangkan dan meyambung hubungan dengan manusia-manusia yang menarik hati ketimbang dengan Tuhan. Ingin punya koneksi demi tujuan dan kepentingan sendiri?
Berapa banyak yang hanya ingin cukup bahkan limpah makan minum dan hidup nyaman dengan busana dan perlengkapan yang mahal dan rumah yang mewah, namun tak pernah terpikir sedikit dan bagaimana membina hubungan yang intim dan kuat dengan Tuhan?

Itulah sebabnya Yesus memberikan pesan yang sangat jelas ini:

"Tetapi CARILAH DAHULU KERAJAAN ALLAH DAN KEBENARAN-NYA, MAKA SEMUANYA AKAN DITAMBAHKAN KEPADAMU" yang artinya segala kebutuhan materi dijamin oleh Tuhan selagi kita mengutamakan Dia di atas segalanya. Namun jika sebaliknya, maka kita akan menjadi penanggung hidup kita sendiri, yang menyebabkan hidup kita makin dipenuhi kekuatiran dan ketidakbahagiaan sekalipun sudah banyak memiliki materi dan kesenangan duniawi

Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar