Skip to main content

MENGAPA KEBANGUNAN ROHANI TERTUNDA ?

Leonard Ravenhill




Harnack mendefinisikan Kekristenan sebagai "suatu hal yang sangat sederhana tetapi mahamulia: Hidup dalam waktu dan untuk kekekalan di bawah pengawasan mata Allah dan oleh pertolongan-Nya" 
Oh kalau saja orang-orang percaya menjadi senantiasa sadar akan kekekalan! Bila kita dapat hidup tiap saat di setiap hari di bawah pengawasan mata Allah, bila kita melakukan setiap tindakan dalam terang takhta penghakiman, bila kita memanjatkan setiap doa dalam terang takhta pengadilan, bila kita memberikan perpuluhan dari segala harta milik kita dalam takhta pengadilan, bila kita para pengkhotbah mempersiapkan setiap khotbah dengan satu mata pada kemanusiaan yang telah terkutuk dan mata yang lain pada takhta pengadilan-maka kita akan mengalami kebangunan rohani oleh Roh Kudus yang akan menggoncangkan bumi ini dan yang dalam sekejap mata, akan membebaskan berjuta-juta jiwa yang berharga. 

Pelanggar gencatan senjata yang tidak dapat menahan nafsu, beringas, dan congkak pada jaman ini, takhta-takhta yang bergoncang, api Komunisme yang mengepul, dan usaha-usaha agama palsu untuk menguasai dunia seharusnya membuat kita dipenuhi kegelisahan. Ada ungkapan yang sangat baik yang menyatakan bahwa ada 3 jenis orang di dunia sekarang: mereka yang takut, mereka yang tidak cukup tahu untuk merasa takut, dan mereka yang mengenal Alkitab mereka. Sodom, yang tidak punya Alkitab, tidak ada pendeta, tidak traktat, tidak ada persekutuan doa, tidak ada gereja, telah binasa. Kalau begitu, menurut anda, bagaimanakah Indonesia, Amerika, dan Inggris akan dibebaskan dari murka Yang Mahakuasa? Kita punya berjuta-juta Alkitab, beribu-ribu gereja, tak berbilang pengkhotbah-tetapi betapa besar dosanya! 
Orang-orang membangun gereja-gereja kita tetapi tidak memasukinya, mencetak Alkitab kita tetapi tidak membacanya, mempercakapkan tentang Allah tetapi tidak percaya kepada-Nya berbicara tentang Kristus tetapi tidak mempercayai Dia dalam hal keselamatan, menyanyikan kidung-kidung kita dan kemudian melupakannya. Bagaimana caranya supaya kita keluar dari semua kemelut ini?
Hampir setiap konferensi Alkitab mengutamakan pokok bahasan gereja masa kini yang dianalogikan dengan Gereja Efesus. Kita diberitahukan bahwa, walaupun kita berdosa dan bersifat duniawi, kita didudukkan bersama Dia. Celaka, dusta besar! Kita memang orang-orang Efesus; tetapi, seperti Gereja Efesus dalam kitab Wahyu, kita telah "meninggalkan kasih kita yang mula-mula!" Kita memuaskan keinginan dosa-bukannya menentangnya. Kepada gereja yang dikuasai kekuatiran dunia, dingin, duniawi, dan doyan mengkritik ini, generasi santai yang lalai, lepas kendali, dan penuh nafsu berahi jaman ini tidak akan pernah tunduk. Marilah kita berhenti mencari-cari kambing hitam. Kesalahan kemerosotan moralitas bukanlah karena radio atau televisi. Seluruh tanggung jawab degenerasi dan korupsi internasional saat ini terletak pada pintu gereja! Gereja bukan lagi duri dalam daging dunia. Justru, bukan pada masa popularitas, melainkan pada masa kesukaranlah gereja sejati selalu berkemenangan. Lebih dari aneh bahwa kita ini begitu "lugu" sampai-sampai mempercayai bahwa gereja sedang menyajikan kepada manusia standar Perjanjian Baru tentang Yesus dengan ukuran yang begitu di bawah standar kehidupan Kristen.  
Mengapa kebangunan rohani tertunda? Jawabannya cukup sederhana-karena penginjilan telah sangat dikomersilkan. Perpuluhan janda-janda dan orang-orang miskin dihabiskan untuk hidup mewah para penginjil. Masyarakat banyak, deretan panjang jemaat yang sungguh-sungguh mencari, penghargaan besar dari walikota dan seterusnya, diagung-agungkan sampai ke langit. Semuanya mendapatkan publikasi—kecuali persembahan kasih! Para korban penipuan yang malang yang suka memberi itu “mengira bahwa mereka berbuat bakti kepada Allah,” sementara itu yang mereka lakukan hanyalah membuat seorang pengkhotbah berhati-kerdil, bereputasi-besar, hidup dalam gaya hidup Hollywood. Pengkhotbah-pengkhotbah yang memiliki beberapa rumah dan villa-villa di tepi danau, sebuah perahu, dan rekening bank yang besar, masih mengemis lebih banyak lagi. Dengan pemeras dan orang-orang yang tidak adil semacam itu, dapatkah Allah memepercayakan suatu gerakan yang dibangkitkan oleh Roh Kudus? Pengkhotbah-pengkhotbah muda yang tersayang dan seperti boneka ini tidak lagi mengganti setelan mereka sekali sehari, tetapi dua, tiga kali sehari. Mereka menkhotbahkan Yesus yang lahir di kandang, tetapi mereka sendiri tinggal di hotel-hotel megah. Demi hawa nafsu mereka sendiri, mereka memeras para pemirsa secara finansial dalam nama Dia yang harus meminjam satu dinar untuk menyajikan ilustrasi khotbah-Nya. Mereka mengenakan setelan Hollywood demi kehormatan Dia yang mengenakan jubah petani. Mereka berpesta dengan daging bistik tiga-puluh-ribu untuk mengenang Dia yang berpuasa sendirian di padang gurun. Jaman sekarang seorang penginjil tidak hanya layak menerima upahnya (begitulah anggapannya), tetapi juga menerima bunga bergandanya. Betapa menakutkannya pada saat hal-hal ini diungkapkan pada Hari Penghakiman!                              
Kebangunan Rohani tertunda karena Injil dipermurahkan. Kita sekarang mempunyai kidung-kidung gereja yang dimainkan menurut irama dansa pada kase-kaset rohani dan di radio, maupun di gereja-gereja. Darah Yesus yang berharga dimainkan dalam tempo “boogie woogie.” Bayangkan Irama Roh Kudus diimprovisasikan! Mimbar telah menjadi kaca etalase untuk memajang karunia-karunia kita, dan “tim bezoek” nampak seperti parade wayang. Saya lebih baik mengharapkan seekor katak untuk duduk dan memainkan Moonlight Sonata karya Beethoven daripada mengharapkan pengkhotbah-pengkhotbah licik masa kini berkhotbah dengan suatu pengurapan yang akan menimbulkan ketakutan yang kudus di antara umat.penginjil hari ini sangat sering siap sedia menjadi apa saja untuk siapa saja selama mereka dapat membuat seseorang maju ke altar untuk sesuatu. Dengan fasih mereka memanggil: “Siapa yang memerlukan pertolongan? Siapa yang ingin lebih banyak kuasa? Siapa yang ingin berjalan lebih dekat dengan Allah?” Pertobatan “kepercayaan gampangan” yang sebenarnya berdosa semacam altar. Kita harus mengubah altar, karena altar itu adalah suatu tempat untuk mati. Biarlah yang tidak mau membayar harga ini tidak mengusik altar itu!
Kebangunan rohani tertunda karena kecerobohan. Di altar, terlalu sedikit waktu yang dipakai bagi jiwa-jiwa yang datang untuk urusan kekekalan. Penginjil senang bertemu dengan teman-temannya; sementara para pendosa mengerang di altar, dia sedang menikmati krim minuman dengan berlimpah dari pujian manusia. Jadi Indonesia, Amerika, dan Inggris sedang dirundung oleh ketelantaran rohani yang berserakan dimana-mana, yang membuat mereka menjadi bingung dan kaget. 
Kebangunan rohani tertunda karena ketakutan. Sebagai penginjil, kita mengatupkan bibir erat-erat terhadap agama-agama palsu jaman ini, seakan-akan ada lebih dari satu nama yang olehnya manusia harus diselamatkan. Tetapi Kisah Para Rasul 4 : 12 masih ada di Kitab Suci—“di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain.” Bagi pengkhotbah-pengkhotbah modern, apakah hal ini kelihatannya seperti suatu kefanatikan? Elia memperolok nabi-nabi Baal dan mencemooh ketidakmampuan mereka dengan sindiran menghina. Lebih baik lari dalam kegelapan (seperti yang dilakukan Gideon) dan memberantas hutan belukar ilah-ilah palsu—daripada gagal melaksanakan kehendak Allah. Ajaran-ajaran sesat yang tanpa Kristus dan agama-agama yang mempermalukan keilahian menjamur di tengah malam ini mencobai Tuhan Allah. Tidak adakah seseorang yang akan membunyikan tanda bahaya? Kita bukan lagi orang Protestan—hanya “kristen”! Tentang apa dan terhadap siapakah kita memprotes? Bila kita hanya setengah panas saja daripada yang kita sangka. Dan kekuatan kita hanya sepersepuluh dari yang kita sebutkan, orang-orang Kristen tidak hanya akan dibaptis dalam air dan api, tetapi juga dalam darah. 
Wesley melihat pintu-pintu gereja-gereja Inggris ditutup di depannya, dan Rowland Hill mengatakan tentang dia, “Dia dan jemaat awamnya yang canggung—legiun pengkhotbah compang-camping yang terdiri dari tukang patri, tukang sampah, penarik gerobak, dan pembersih cerobong asap, dan lain-lain.—telah maju untuk meracuni pikiran manusia.” Betapa kasar bahasanya! Tetapi Wesley tidak takut kepada manusia maupun iblis. Jika Whitefield dijadikan bahan tertawaan dalam komedi di pentas-pentas Inggris dengan cara yang paling kasar, dan jika dalam Perjanjiaan Baru, orang-orang Kristen dilempari batu dan menderita setiap penghinaan, maka bagaimana mungkin, dengan masih adanya dosa dan para pendoa yang tidak pernah berubah, bahwa kita para pengkhotbah tidak lagi membangkitkan murka neraka? Mengapa kita begitu biasa-biasa saja, dingin, dan begitu hampa?. Kita dapat mengalami huru hara tanpa kebangunan rohani. Tetapi dalam terang Alkitab dan Sejarah Gereja, di manakah kita mendapatkan kebangunan rohani tanpa huru hara? 
Kebangunan rohani tertunda karena kita tidak merasakan kebutuhan yang mendesak untuk berdoa. Seorang pengkhotbah terkenal memasuki sebuah konferensi beberapa waktu yang lalu dengan kata-kata ini, “Saya datang ke konferensi ini dengan beban doa yang berat di hati saya. Siapa yang mau berbagi beban ini dengan saya, harap mengangkat tangan; dan jangan seorangpun dari kita bersifat munafik.” Ada anggapan yang baik waktu itu. Tetapi kemudian, dalam minggu itu, ketika disampaikan undangan untuk berdoa semalam suntuk, pengkhotbah besar itu pergi tidur. Tidak munafik, bukan?! Integritas telah lenyap! Semua hanya kulitnya saja! Faktor tunggal terbesar yang menyebabkan tertundanya kebangunan rohani oleh Roh Kudus adalah hilangnya sakit bersalin jiwani. Kita menukar pelipatgandaan dengan propaganda. Betapa gilanya! Perjanjian Baru menambahkan sebuah catatan tambahan mengenai Elia ketika Yakobus 5 : 17 mengatakan “dia berdoa!” Kalau bukan karena itu , kita sudah merenggut kisah Perjanjian lama itu dan, menyadari dengan tidak disebutnya hal doa, kita menyatakan: “Elia bernubuat!” 
Kita belum sampai menguncurkan darah dalam hal berdoa; sama sekali tidak, “malah berkeringat dalam jiwa pun tidak,” seperti yang diungkapkan Luther. Kita berdoa dengan sikap “dijawab syukur tidak dijawab ya tidak apa-apa”: kita berdoa dengan sikap untung-untungan; kita mempersembahkan sesuatu yang kita dapatkan dengan cuma-cuma! Kita bahkan tidak mempunyai “kemauan yang kuat.” Sebaliknya kita plin-plan, kemauan kita tidak tetap, dan perasaan kita tidak menentu. 
Satu-satunya kuasa yang membuat Allah menyerah adalah kuasa doa. Kita akan menulis tentang kuasa-doa, tetapi tidak mau bertempur dalam doa. Sebuah julukan yang tepat-dan tidak dapat disangkal lagi—mengenai Gereja masa kini adalah “Kita tidak Berjuang!” Kita akan memamerkan karunia-karunia kita, yang alami maupun rohani; kita akan mengudarakan pandangan-pandangan kita, yang politis maupun rohani; kita akan mengkhotbahkan sebuah kotbah atau menulis sebuah buku untuk mengkoreksi seorang saudara dalam hal doktrin. Tetapi siapa yang akan menyerbu perbentengan neraka? Siapa yang akan menyangkal iblis? Siapa yang akan menyangkal diri dalam hal makanan yang enak, atau waktu senggang bersama teman-teman, atau tidur nyenyak, supaya neraka tahu bahwa dia bergumul, bahwa dia mempermalukan iblis, membebaskan tawanan-tawanan, mengurangi populasi neraka, dan menyelesaikan doanya dengan jawaban atas penderitaan jiwanya, yaitu sekelompok jiwa yang telah dicuci dengan darah? 
Akhirnya, kebangunan rohani tertunda karena kita mencuri kemuliaan Allah. Dengarlah ini dan merasa heranlah: Yesus berkata, “Aku tidak memerlukan hormat dari manusia.” dan, “Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang esa saja?” (Yohanes 5:41, 44). Lenyapkan penghiburan-penghiburan kedagingan dan rayuan-rayuan mimbar! Enyahkan sikap mengagung-agungkan “Program radio Saya,” “Gereja Saya,” Buku Saya!” Oh, betapa memuakkan pawai kedagingan kita di mimbar-mimbar; “Kami sungguh mendapatkan kehormatan, dan seterusnya.” Para pembicara (yang sesungguhnya ada disana hanya oleh kasih karunia) menerima semua ini, bukan hanya itu- bahkan mengharapkanya! Faktanya adalah bahwa setelah kita mendengarkan kebanyakan orang ini, kita tidak akan tahu bahwa mereka adalah orang-orang besar apabila tidak diumumkan demikian! KASIHAN TUHAN Dia hampir tidak mendapatkan apa-apa dari semua ini! Jadi mengapa Allah tidak menggenapi janji-Nya yang agung tetapi menakutkan itu tidak memuntahkan kita dari mulut-Nya? Kita telah gagal. Kita najis. Kita menyukai pujian manusia. Kita “mencari kepentingan diri sendiri.” Oh Tuhan, lepaskan kami dari hawa nafsu dan kebejatan ini! Berkati kami dengan meremukkan kami! Penghakiman haru dimulai dari kami para pengkhotbah! 


Di ambil dari buku : Mengapa kebangunan rohani tertunda Leonard Ravenhill

Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar