Skip to main content

KEGONCANGAN TUHAN MENUNJUKKAN JATI DIRI KEKRISTENAN PALSU ATAU KEKRISTENAN ASLI

Ulangan 8:2
"Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak."

Pada saat kegoncangan terjadi di Indonesia. tekanan dalam bidang ekonomi seperti harga-harga bahan pokok makanan naik, tekanan terhadap orang-orang Kristen seperti penutupan gereja, kekerasan fisik menekan orang-orang Kristen, kerusuhan terjadi dalam masyarakat, tokoh-tokoh politik saling menjatuhkan dll. Sesungguhnya pada saat kegoncangan itu terjadi baik dalam goncangan skala yang besar atau dalam skala goncangan yang kecil. Semuanya ditentukan oleh presiden yang memegang kendali kepemimpinan di Indonesia.



Kita berdoa supaya kegoncangan terjadi dalam skala yang lebih kecil (itu sebabnya kita perlu menyadari perkara ini, yaitu: Indonesia memiliki banyak pemimpin dalam politik namun tidak banyak pemimpin yang tulus dan berani mengambil resiko demi kepentingan dan kesejahteraan rakyat; Demikian juga, jumlah pemimpin rohani di Indonesia banyak, namun tidak banyak pemimpin rohani yang radikal seperti mengetahui kehendak dan rencana Tuhan dalam hidupnya dan pelayanannya serta membangkitkan jemaat yang semakin bergairah mencari kehendak Tuhan, bergerak tepat sesuai visi dari Tuhan dan membawa umat Tuhan mengetahui fungsi dalam tubuh Kristus).

Kegoncangan yang hendak Tuhan nyatakan atas Indonesia tidak memandang profesi kita. Tuhan akan menggoncang rata ke seluruh Indonesia. Berbagai peristiwa yang menggoncang di Indonesia ini ditujukan untuk membuka mata hati kita melihat kondisi hati kita yang sesungguhnya dan kebutuhan terbesar kita dalam mengikut Tuhan. Sesungguhnya Tuhan mengijinkan kegoncangan terjadi atas Indonesia untuk menunjukkan 3 perkara, yaitu:

1) Menunjukkan jati diri kita yang sebenarnya apakah kita orang Kristen sejati atau orang Kristen palsu.
2) Menunjukkan kita berjalan dalam pimpinan Tuhan atau pimpinan kehendak kita sendiri.
3) Menunjukkan iman kita berakar kuat dalam Tuhan atau tidak berakar kuat dalam Tuhan.

Kita aka melihat orang yang tidak memegang prinsip-prinsip firman Tuhan akan terjatuh dalam kemarahan, kecewa, putus asa, iri hati, takut atau kuatir. Sebaliknya orang yang memegang prinsip-prinsip firman Tuhan akan dipenuhi dengan hikmat, sukacita, damai sejahtera, iman dan kasih.

PADA SAAT KEGONCANGAN ITU TERJADI, TUHAN AKAN MENUNJUKKAN KEASLIAN HATI KITA. APAKAH HATI KITA MELEKAT KEPADA TUHAN atau HATI KITA MENJADI TAKUT, KUATIR, PUTUS ASA DAN MENCARI AMAN PADA MANUSIA ATAU UANG ATAU HARTA ATAU MENINGGALKAN IMAN KEYAKINAN KITA KEPADA TUHAN?

BAGIAN PENTING PADA MASA KEGONCANGAN ADALAH PASTIKAN BAHWA SAAT TUHAN MEMBUKA HATI DAN KEHIDUPAN ANDA, MAKA YANG KELUAR DARI HATI, PERKATAAN DAN PIKIRAN ANDA ADALAH PERKARA-PERKARA SORGAWI DAN BUKAN PERKARA-PERKARA DAGING. HENDAKNYA KITA MEMPERSIAPKAN DIRI DENGAN TETAP TEKUN MEMEGANG PRINSIP-PRINSIP FIRMAN TUHAN DAN BERJALAN DALAM KEHENDAK TUHAN DAN BERAKAR KUAT DALAM TUHAN.

Saya berdoa kiranya kita dipersiapkan untuk menghadapi masa kegoncangan di Indonesia. Tuhan menyertai kita sekalian. 


(Oleh Bpk. Didit Irawan)




Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar