Skip to main content

PERBEDAAN MENDASAR

Oleh: Bpk. Peter B, MA

Kekristenan sejati didasarkan pada iman yang berserah sepenuhnya pada Kristus. Yang percaya dan menaruh harap seluruhnya akan nasib kekekalan kita pada karya keselamatan yang dilakukan oleh Yesus Kristus di atas salib dengan menanggung semua dosa dan hukuman kita. Yesus sendiri menyampaikan maksud kedatangan-Nya ke dunia 2000 tahun lampau, "…   sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang" (Mat. 20:28). Barangsiapa yang percaya bahwa Yesus telah melakukan itu baginya, dosa-dosanya akan diampuni, ia akan diselamatkan dan dilahirkan kembali dalam hidup yang baru.

Lalu apakah dengan itu setiap pengikut Yesus bebas berbuat dosa karena sudah diampuni dan diselamatkan? Tentu saja tidak. Pikirkanlah dengan benar. Bukankah kita ditebus dari dosa dan upahnya yaitu kematian? Bagaimana mungkin kita dibebaskan hanya untuk kembali pada perbudakan dan keadaan dimana kita sebelumnya terancam binasa? Kita ditebus dan diberikan hidup baru supaya dengan hidup yang baru itu KITA HIDUP MENJAUHI DOSA, TIDAK HIDUP DI DALAMNYA SEBAGAI PEMBUAT-PEMBUAT DOSA TETAPI HIDUP DALAM LEVEL MANUSIA-MANUSIA SORGAWI. Seperti Yesus, hidup melaksanakan kasih. Melayani Allah maupun manusia;  mempraktekkan kebenaran, keadilan, kejujuran dan kebaikan; mengerjakan dan menyelesaikan tujuan dan panggilan pemciptaan dan keberadaan kita selama di dunia.

Di sinilah perbedaan mendasar antara iman Kristen sejati dengan semua kepercayaan yang lain. Yang lain mendasarkan diri pada perbuatan, mengandalkan kesalehan dan perbuatan baik (atau yang disangkanya baik), menunjukkan ibadah dan persembahan untuk mencari pengakuan dan penerimaan ilahi. Dengan harapan suatu kali mendapat tempat di sorga. Iman pada Yesus didasarkan pada keyakinan bahwa sorga tak terjangkau OLEH PERBUATAN-PERBUATAN KITA. Melalui KRISTUS SAJA ada jalan ke sana. Dan karena ini adalah perkara rohani, kita harus memiliki iman untuk dapat melihat jalan itu lalu melangkah pada keselamatan. Baru setelah kita menerima keselamatan, perbuatan-perbuatan baik menjadi pertanda bahwa kita adalah pewaris-pewaris Kerajaan Sorga yang karena Allah kita kasih maka kita pun menyatakan kasih dan gemar berbuat baik.

Membawa perbuatan dan kesalehan atau jasa-jasa kita sendiri dengan melakukan hukum dan perintah agama tidak pernah akan menjadikan diri kita dibenarkan Allah. Kebenaran kita TIDAK LAKU dan TIDAK MAMPU membayar tiket masuk ke sorga. Itu harus dibayarkan oleh Allah sendiri melalui pengorbanan Yesus yang membuka pintu bagi siapa saja yang percaya untuk masuk ke dalam kebahagiaan kekal itu.

Hanya manusia-manusia yang diubahkan menjadi baru akan melakukan lerbuatan baik dalam ketulusan kasih yang semurni-murninya sebab mereka tak lagi berpamrih ingin memperoleh sesuatu dari Tuhan melalui perbuatan-perbuatan mereka. Mereka berbuat baik karena memang mereka telah diubah menjadi pribadi-pribadi yang baik dan diajar selalu untuk mengasihi dengan kasih yang tak bersyarat.

Oh betapa indahnya mengikut Yesus. Ada jaminan masa depan yang kekal lagi mulia. Bukan karena gagah dan hebat kita tapi oleh kasih karunia dan Roh Kudus yang bekerja dalam kita. Suatu kali dalam keabadian, saat bertemu muka dengan muka di hadapan hadirat Tuhan, kita akan tersungkur menyembah. Sebab Dia telah menjadi perancang, pelaksana dan pemelihara keselamatan kita. Alih-alih membanggakan perbuatan dan amal kita, kita akan memuliakan Dia yang telah berbuat baik dan menyatakan kasih setia-Nya pada kita.
Terpujilah Bapa, Anak dan Roh Kudus selama-lamanya.
Untuk seterusnya dan selamanya hormat, kagum dan sembah kami pada-Mu!

Selagi kesempatan masih diberikan dan nafas masih dapat ditarik, maukah Anda membuka hati Anda membawa iman Anda untuk menerima Yesus yang sedang mengetok pintu hati Anda supaya Ia masuk dan beroleh persekutuan dengan Anda?

#TerimaKasihBuatSalibMu
#YesusTuhanDanPenebusku
#SelamanyaKamiMenyembahMu

#BenarVsHampirBenar

Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar