Skip to main content

DARAH ITU HARUS DIBUBUHKAN


Oleh : Rick Joyner



Ada aspek penting lain dari Paskah, seperti yang kita lihat dalam Keluaran 12:7,13:


Kemudian dari darahnya haruslah diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas, pada rumah-rumah di mana orang memakannya.

Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir.


Sama seperti halnya hukuman mati ada di setiap rumah yang tidak memiliki darah korban yaitu domba Paskah yang dibubuhkan ke rumah mereka, hal yang sama berlaku untuk semua umat manusia, seperti yang kita baca dalam Roma 5:12:

"Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa."

Meski begitu, Allah telah memberikan kepada seluruh dunia, Anak Domba Paskah yang darah-Nya akan sepenuhnya melindungi mereka yang membubuhkannya dalam kehidupan mereka.  Seperti yang kita baca dalam Roma 5: 8-10:


Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.
Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah.
Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!

Semua yang harus dilakukan Israel untuk melindungi keluarga mereka dari kematian yang akan menyapu Mesir malam itu adalah untuk membubuhkan darah domba Paskah yang ditentukan pada pintu mereka.  Ketika malaikat maut melihat darah, dia melewati mereka.  Demikian juga, semua yang harus kita lakukan untuk dibebaskan dari hukuman mati yang menimpa semua umat manusia adalah dengan membubuhkan darah salib Yesus dalam hidup kita.  Tidak ada lebih lagi yang akan menolong, dan tidak ada yang kurang dari itu yang akan menyelamatkan kita.

Israel tidak akan diselamatkan dengan mengetahui bahwa harus ada domba Paskah yang dikorbankan, atau bahkan ketika mereka mengorbankannya, kecuali dan sampai darah itu dibubuhkan.  Demikian juga, tidak ada gunanya bagi kita hanya untuk mengetahui bahwa harus ada pengorbanan untuk dosa kita. Bahkan tidak ada gunanya bagi kita untuk mengetahui bahwa Yesus melakukan pengorbanan itu, kecuali darah-Nya diterapkan pada kehidupan kita.  Mengetahui fakta tidak sama dengan percaya pada fakta-fakta itu demi beroleh keselamatan.  Bahkan setan-setan pun tahu kuasa salib. 

Keselamatan membutuhkan lebih dari sekadar persetujuan intelektual terhadap fakta-fakta spiritual dan historis dari salib, seperti yang dinyatakan dalam Roma 10: 8-10:


Tetapi apakah katanya? Ini: "Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu." Itulah firman iman, yang kami beritakan.
Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.


Akan ada perbedaan besar antara percaya dengan pikiran kita dan percaya dengan hati kita. 
Kepercayaan yang dibutuhkan untuk keselamatan lebih dari sekadar persetujuan intelektual terhadap fakta. Percaya dengan hati kita berarti percaya dengan hidup kita.  Sama seperti setiap orang yang melewati wilayah Yahudi malam itu dapat melihat darah telah dibubuhkan ke setiap rumah yang telah mengambil bagian dalam Paskah, apabila kita telah mengambil bagian dari Domba Paskah yang adalah Kristus, darah-Nya juga akan menjadi nyata dalam hidup kita.

Yesus berkata, "Akulah jalan, dan kebenaran dan hidup: tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku" (Yohanes 14: 6). Jalan itu bukan sebuah formula, tetapi suatu PRIBADI.  Mengetahui kebenaran adalah lebih dari sekadar memiliki doktrin yang akurat - itu berarti mengenal Pribadi yang juga harus menjadi hidup kita.  Jika Yesus bukan hidup kita, kita juga tidak tahu jalan atau kebenaran. Keselamatan jauh lebih dari sekedar menyetujui bahwa Yesus mati di kayu salib untuk dosa-dosa dunia - itu haruslah dengan merangkul salib dan menaruh percaya kepada korban tebusan-Nya untuk pengampunan dosa kita.  Sama seperti darah Paskah harus dibubuhkan ke setiap rumah yang percaya terhadapnya untuk pembebasan dari kematian, darah Yesus harus diterapkan secara pribadi ke setiap kehidupan.

Tidak ada yang akan diselamatkan karena mereka tinggal di negara "Kristen".  Tidak seorang pun akan diselamatkan karena mereka memiliki orang tua yang mengenal Tuhan.  Tidak seorang pun akan diselamatkan karena mereka pergi ke gereja, atau bahkan karena mereka dibaptis, kecuali mereka memiliki iman pribadi kepada-Nya, dan darah-Nya dibubuhkan pada kehidupan mereka.
Kita masing-masing harus memiliki iman kita sendiri, dan hubungan kita sendiri dengan Tuhan.  Jika kita melakukannya, maka bukti dari apa yang telah terjadi di hati kita akan terlihat jelas di luar kehidupan kita juga.

Begitu Israel mengambil bagian dalam Paskah, seluruh dunia mereka berubah.  Mereka segera meninggalkan Mesir untuk pergi ke tempat yang belum pernah mereka lihat.  Demikian juga, ketika kita mengambil bagian dalam pengorbanan Paskah bagi Yesus, segalanya berubah — kita dilahirkan kembali ke dunia yang sama sekali baru.

Jika Anda telah berada di gereja sepanjang hidup Anda, dan tahu betul semua doktrin keselamatan, tetapi belum pernah benar-benar dilahirkan kembali dengan memiliki perjumpaan pribadi dengan Anak Allah, Anda dapat melakukannya sekarang.  Yang harus Anda lakukan adalah merendahkan diri dan mengakui dosa Anda kepada Tuhan.  Kemudian mintalah Dia untuk mengampuni Anda dan menutupi Anda dengan darah pengorbanan Anak-Nya, mengetahui bahwa tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pendamaian bagi diri Anda sendiri, tetapi juga mengetahui bahwa pengorbanan-Nya cukup untuk menutupi dosa-dosa Anda. Iman sederhana ini akan memungkinkan Anda diterima oleh Bapa ke dalam keluarga-Nya.  Kemudian mintalah kepada-Nya baptisan Roh Kudus, yang diberikan untuk menuntun kita ke dalam semua kebenaran, agar kita dapat menjalani kehidupan yang memuliakan Anak Allah, dengan memperagakan kuasa pengorbanan-Nya dalam hidup kita.

Jika pengorbanan raja Moab dengan membunuh anaknya dapat melepaskan kekuatan begitu besar, sehingga menyebabkan tentara Israel melarikan diri (lihat 2 Raja 3:27), betapa lebih besarnya lagi kekuatan yang ada pada pengorbanan Anak Allah?  Pengorbanan-Nya cukup untuk menutupi semua dosa Anda, untuk menebus Anda dari belenggu dosa, dan memberi Anda hidup yang kekal. 

Ketika kita mulai memahami ini, kita ditransformasikan oleh kekuatan cinta yang begitu besar.

Itulah sebabnya aku sujud kepada Bapa,
yang dari pada-Nya semua turunan yang di dalam sorga dan di atas bumi menerima namanya.
Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu,
sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.
Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus,
dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.
Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,
bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin.
~ Efesus 3:14-21 (TB)


Diterjemahkan secara bebas dari

https://www.morningstarministries.org/resources/daily-devotional/2006/day-107-blood-must-be-applied

Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar