Skip to main content

POKOK PEMBAHASAN : FILIPI 4:5 BERBICARA MENGENAI HAL YANG BERBEDA DENGAN MATIUS 6:3

Oleh Peter B, MA 



Filipi 4:5 berbicara mengenai hal yang berbeda dengan Matius 6:3. 

Filipi 4:5 lebih terhubung pada Matius 5:16 dan 1 Petrus 2:12. Yang kesemuanya berbicara mengenai karakter atau sifat² yang baik bahkan perbuatan² baik. 

Yang dimaksud dalam Filipi 4:5 sebagai "kebaikan hati" sebenarnya dapat diterjemahkan juga sebagai sifat lemah lembut dan peramah. Suatu karakter yang seharusnya ditampilkan oleh setiap anak² Tuhan di tengah² orang² yang tidak mengenal Tuhan, yang menjadi suatu kesaksian yang baik, menggoncang, menyentuh dan membedakan antara murid² Kristus dengan mereka yang belum mengenal Tuhan. 
Maksudnya, setiap orang yang belum kenal Kristus harus melihat dan menyaksikan betapa baiknya anak² Tuhan itu. Buah Roh itu harus nyata dan dirasakan oleh orang² sekitar kita, khususnya mereka yang belum kenal dan jauh dari Tuhan. Kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. 

Anak² Tuhan harus merupakan orang² yang unggul dan teladan dalam karakter² dan sifat² yang baik. Bukan sebaliknya. 

Bagaimana dengan Matius 6:3?
Nats tersebut berbicara mengenai hal memberi sedekah atau membagikan sesuatu kepada orang yang sedang dalam keperluan atau kekurangan. Inti ayat tersebut adalah berbicara tentang motif dalam hati. Yaitu bahwa dalam hal memberi, kita tidak boleh ada motif unjuk diri, pamer diri atau mengharap penghargaan atau pujian dari orang. Dan masalah motif ini, prinsipnya sama dalam ajaran Yesus. Baik dalam hal puasa maupun dalam hal berdoa dan perbuatan lain yang dimaksudkan sebagai bentuk ibadah kepada Tuhan. Motifnya harus benar, yaitu melakukan hanya supaya dikenan Tuhan. Bukan untuk dipamerkan di depan manusia. 

Apakah ini tidak bertentangan dengan Filipi 4:5?
Di sinilah beberapa orang kesulitan mencari hubungannya dan gagal membawa pengertian ayat² tsb dalam prakteknya.

Penjelasannya : 

• Karakter² kita yang baik harus nyata dan dapat dilihat oleh sekitar kita. Tapi… bukan dengan motif pamer diri tapi dengan tujuan memuliakan dan jadi saksi bagi nama Tuhan. 

• Dalam hal memberi sedekah di Matius 6:3  yang perlu orang tahu adalah karakter kita yang baik dalam hal memberi sedekahnya, BUKAN dalam hal pemberian sedekahnya. Proses pemberian sedekahnya tidak perlu ditunjuk²kan dan dipamerkan, apalagi diviralkan di mana². Yang penting orang² dekat atau di sekitar kita, khususnya yang terlibat dalam pemberian sedekah tsb, tahu kita telah memberikan sedekah. Tapi pemberian sedekah kita tidak perlu digembar gemborkan dan disampaikan secara luas, apalagi didokumentasikan dan ditunjuk²kan kepada publik.

Kebaikan kita yang perlu diketahui publik adalah dalam hal KITA MEMBERI SEDEKAH TANPA MEMAMERKANNYA. Itu kebaikan yang lebih baik, lebih tinggi, lebih mulia tingkatannya dari memberi sedekah. 

Jika orang² yang belum mengenal Tuhan tahu akan hal itu, maka anak² Tuhan akan menjadi teladan terbaik dalam karakter² yang mulia. Sebab itu melampaui apa yang dilakukan orang² ada umumnya, yang memang ingin diketahui secara luas jika mereka bersedekah. 

• Hal semacam ini sulit dilakukan apabila kita tidak benar² menjadi murid dan hamba Kristus. Sebab hanya yang benar² ingin Kristus dimuliakan saja yang tidak menginginkan apapun bagi dirinya. Orang² (termasuk yang Kristen) yang masih ingin dilihat orang, mustahil menerapkan hal ini karena hati mereka akan terus mencoba mencari cara dan siasat supaya dapat dilihat dan dipuji orang. 

Saya berikan dua contoh bagaimana Yesus menerapkan hal ini (bagaimana Yesus menerapkan Fil 4:5 dan Mat 6:3 sekaligus)

Yohanes 2:9 (TB) 
Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu — dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya — ia memanggil mempelai laki-laki,

Matius 14:15-17, 19 (TB)
15 Menjelang malam, murid-murid-Nya datang kepada-Nya dan berkata: "Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa."
16 Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan."
17 Jawab mereka: "Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan." 
19 Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak. 

Dalam kisah air jadi anggur, tidak ada yang tahu Yesus yang mengubah air jadi anggur tapi pelayan yang disuruh Yesus tahu. Kebaikan Yesus terlihat dalam perhatian dan kepedulian kepada keadaan yang susah dan perlu ditolong itu tapi Yesus tidak memamerkan kebaikan-Nya itu di depan umum. 

Dalam kisah Yesus memberi makan lima ribu orang laki², semua tahu Yesus peduli kepada orang banyak itu hingga menyediakan makan bagi mereka tapi hanya sedikit yang tahu bagaimana Yesus melakukannya. Yang tahu persis bagaimana Yesus memberi makan itu hanya anak kecil yang memberikan roti dan ikannya serta murid² Yesus yang membagikan makanan tsb kepada orang banyak. 

Itu juga mengapa Yesus sering melarang orang² yang disembuhkan-Nya memberitahukan tentang Dia dan apa yang telah diperbuat-Nya (Mat. 8:4; Mrk 1:44; Luk. 5:14; 8:56; 9:21)

Yesus tidak pernah mempromosikan diri. Jika khalayak luas akhirnya mengenal Dia, itu bukan karena Dia memamerkan diri tapi karena orang banyak yang menyebarkan berita tentang Dia. 
Dalam hal semacam itu karakter Yesus yang baik dan unggul tampak nyata. Ia berbuat banyak hal baik dan luar biasa tetapi Ia tidak pernah membanggakan atau mencari pujian manusia dari semuanya itu, sekalipun Ia layak mendapatkannya.

(Jika Tuhan kita begitu rendah hati, mengapa banyak yang mengaku hamba²Nya sombong dan suka promosi diri dan pelayanan?)

Semoga menjadi berkat… 🙏

Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar