Skip to main content

TANYA JAWAB TERKAIT PERUBAHAN PRIORITAS, ARAH DAN TUJUAN UMAT TUHAN DI MASA KINI DENGAN UMAT TUHAN DI ZAMAN RASUL-RASUL DI PERJANJIAN BARU

Oleh Peter B


Menanggapi diskusi kita beberapa hari terakhir ini, berikut tanggapan dari saya : 


1) Mengapa prioritas dan tujuan utama umat Tuhan di masa kini bisa berubah menjadi umat yang mengejar kenyamanan, popularitas, pengakuan banyak orang?

Prioritas umat Tuhan berubah menjadi umat yang mengejar kenyamanan, popularitas dsb sesungguhnya karena terpikat dengan dunia ini. Melihat hidup orang-orang duniawi yang kaya, nyaman, tampak lancar dan bahagia, membuat banyak yang tergiur dan terpesona. Masalahnya, orang-orang Indonesia sangat terikat dengan agama dan suka menekuni hal-hal terkait agama atau ketuhanan. Begitu menemukan bahwa ada janji-janji mengenai kenyamanan, kesuksesan maupun mengejar tampilan-tampilan rohani juga mendapat penghormatan dan pengakuan, maka beragama kemudian menjadi semacam sarana memperoleh semua yang diinginkan sebagaimana yang dimiliki orang-orang dunia tersebut. 
Di satu tahap, ada keterpikatan kepada dunia. Di tahap lain ada suatu kebiasaan beragama baru yang terbentuk karena terpikat pada dunia. Yaitu menjadikan agama (termasuk Tuhan yang disebut-sebut di dalamnya) sebagai sarana pencapaian apa yang diinginkan mereka itu yaitu yang duniawi dan berpusatkan diri. 


2) Apa faktor utama yang mengubah arah dan tujuan umat Tuhan di masa kini?

Menurut saya, faktor yang mengubah arah dan tujuan umat Tuhan menjadi seperti sekarang ini terutama dari faktor para pemimpin rohani mereka. Memang kita semua turut bertanggung jawab atas keadaan sekeliling kita yang terus mengalami kemerosotan di berbagai bidang tetapi penentu mengapa arah berubah merupakan pengaruh dari para panutan rohaninya. Kalau pemimpin rohaninya mengejar apa yang di dunia, lalu mengajarkan dan mencontohkan dalam hidupnya gaya hidup yang memegahkan hal-hal duniawi sambil mengatasnamakan Tuhan, maka jemaat diajar untuk demikian. Dan seperti virus ini menyebar tidak terkendali. Mengubah dan merusak pola pikir umat Tuhan yang sering hanya ikut, menurut dan kagum pada pemimpinnya, menganggap pemimpinnya (selalu) benar sehingga lupa untuk menguji dan mencocokkan apakah yang diajarkan pada mereka sama dengan apa yang diajarkan dan diteladankan Kristus dalam Alkitab. Kurangnya pemikiran yang kritis dan menyelidiki lebih jauh jalan-jalan Tuhan turut menjadi sebab jemaat menerima saja ayat-ayat dan ajaran yang dipelintir dan diartikan tidak sesuai dengan maksud Tuhan. Jemaat akhirnya bercintakan dunia, mencari dunia, hidup untuk pencapaian-pencapaian sesuai ukuran dunia yang ditandai dengan mengunggulkan diri dan kelebihan sebagai manusia. 
Alih-alih untuk mencari Tuhan, merindukan Dia dan  perkara-perkara sorga, jemaat diajar untuk memanfaatkan Tuhan demi mendapatkan pencapaian-pencapaian dunia. Sesuatu yang sama sekali berbeda dengan apa yang di pikiran Tuhan dan ajaran Kristus.

Dari sini sudah seharusnya kita menyadari bahwa pemimpin rohani yang kita ikuti menentukan apakah kita mengikuti jalan yang benar sesuai yang dikehendaki Tuhan. Kegagalan membedakan pemimpin / bapa rohani menjadikan kita bukannya semakin didorong, didukung, dipercepat, dan dilatih untuk bertumbuh dalam Tuhan namun justru semakin dijauhkan dari kehendak dan rencana Tuhan misalnya dari yang seharusnya satu persatu jemaat memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan, menjadi hanya terhubung dengan gereja, dengan figur pemimpin rohani tertentu, denominasi, doktrin atau ajaran tertentu hingga merasa puas hanya dengan formalitas ibadah semata. 


3) Bagaimana solusi mengatasi perubahan prioritas dalam hidup kita dan umat Tuhan di Indonesia?

Solusi mengatasi perubahan prioritas umat Tuhan dapat dilakukan dengan : 

Pertama, harus ada pertobatan dan perubahan pola pikir dan motivasi para pemimpin rohani. Harus ada gelombang pertobatan di antara para pemimpin rohani dan pemberi pengaruh dalam gereja. Jika ini tidak segera dilakukan, Tuhan kemungkinan akan bertindak lebih tegas lagi terhadap para pemimpin rohani yang menyimpang ini. 

Kedua, perubahan dimulai dari diri kita. Kita harus mulai mencari ajaran dan kebenaran yang murni, yang membawa kita pada persekutuan dan pengenalan pribadi akan Tuhan, yang menumbuhkan rohani kita dengan benar, yang membawa kita masuk lebih jauh dan lebih dalam kepada rencana dan tujuan Tuhan secara pribadi maupun berjemaat termasuk bergabung dalam suatu komunitas yang sungguh-sungguh mengejar pengenalan dan pengalaman berjalan bersama Tuhan, menjadi murid-murid sejati, hidup bukan sekedar melakukan apa yang tampaknya benar dan rohani namun benar-benar menjalani dan menghidupi ajaran Kristus setiap hari. 
Jika ada yang mau memulai dan membayar harga baik secara pribadi maupun komunitas, maka perubahan, cepat atau lambat akan terjadi. 

Hari Minggu kemarin, Tuhan menunjukkan pada saya tentang pekerjaaan Roh Kudus. Sewaktu saya menyulut api di sebuah korek api, Tuhan mengingatkan sekali lagi pada saya tentang sifat api. Tuhan sampaikan bahwa api bukan unsur yang mudah ditemukan di mana saja. Berbeda dengan air dan angin. Api harus dinyalakan atau dimunculkan lebih dahulu. Namun itupun harus selalu kita jaga.  Sebab nyala api yang kecil , jika tidak dikendalikan dengan baik, begitu menyebar akan dengan cepat membakar yang lainnya dan tidak lama dapat berubah menjadi sesuatu yang sangat besar, berbahaya bahkan sangat mengerikan. 

Tuhan lalu sampaikan bahwa Roh Kudus itu seperti api (dituliskan dalam Kisah Rasul serupa lidah-lidah api yang turun di kepala 120 murid yang kepenuhan Roh Kudus, Kisah Rasul 2:30). Dan di kejadian yang sama di Kisah Rasul itu, Roh Kudus datang ditandai seperti tiupan angin yang keras yang memenuhi seluruh rumah (Kisah 2:2). Ini persis seperti perkataan yesus sendiri bahwa pekerjaan Roh Kudus itu serupa angin (lihat Yoh. 3:8). 
Jadi Roh Kudus itu api sekaligus anginnya. Api yang ditiup angin akan berkobar secara luar biasa, Merembet, membakar yang dilalui dan disentuhnya. 
Bagian kita ialah menjadi murid-murid yang dihembus dan dibakar api Roh Kudus. Ketika roh kita sudah menyala-nyala (lihat Roma 12:12) maka api Tuhan akan terus menyambar-nyambar dan membakar setiap anak Tuhan yang masih kering atau basah, yaitu mereka yang belum memiliki gairah akan Tuhan. 
Melalui murid-murid Tuhan yang berkobar-kobar bagi Tuhan, tidak hanya gereja Tuhan diubahkan. Dunia pun akan diubahkan oleh lawatan api Roh Kudus. Seperti yang terjadi di masa gereja mula-mula. 

Demikian kiranya pandangan dari saya. Tuhan Yesus memberkati.

Comments

Popular posts from this blog

DUA GOLONGAN ORANG DALAM AMSAL 17:10

Oleh Sharon R.  Amsal 17:10 (TB)    Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.  Amsal 17:10 (VMD)   Orang cerdas belajar lebih banyak dari satu teguran daripada orang bodoh belajar melalui 100 pukulan. Ada dua golongan orang yang disebutkan dalam nats diatas. Orang berpengertian dan orang bebal. Kita akan melihat ciri masing² orang tersebut melalui respon mereka terhadap teguran dari Tuhan. Orang berhikmat atau berpengertian menghargai dan belajar dari setiap teguran kepada dirinya. Ketika hal buruk terjadi dengan bersegera ia introspeksi diri dan tidak mencari kambing hitam di luar dirinya. Hatinya terbuka untuk setiap koreksi dari Tuhan. Ia menyadari dirinya lemah, mudah sesat dan perlu selalu koreksi dan perbaikan untuk kebaikan dan pertumbuhan karakter dan rohaninya. Ia tidak pernah mencari² alasan untuk membenarkan diri. Ia selalu menyediakan hati yang remuk bagi Tuhan. Juga hati seorang murid yang rela dan rindu untuk bel

HIKMAT DAN KUTIPAN

HIKMAT DAN KUTIPAN MENGENAI MENDIDIK VS MEMANJAKAN

Oleh: Bpk. Peter B, MA Orang tua yang memanjakan anak-anaknya justru menjerumuskan sang anak dalam kebodohan dan kehancuran. Jika kita mendidik anak-anak kita, pasti TUHAN lebih lagi. Dia tidak akan begitu saja memberikan apa yang diinginkan anak-anak-Nya sehingga mereka malahan justru makin mudah ditipu dan disesatkan iblis. Jerat-jerat iblis dipasang melalui berbagai pengajaran yang hampir benar untuk menyimpangkan anak-anak Tuhan dari apa yang benar.... #Waspadalah #CariPesanYangMurni #YangBenarVsYangHampirBenar